JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Industri Rumahan Asa Baru Perempuan Desa Mansman

Menteri Yohana di Biak Numfor
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

Menteri Yohana di Biak Numfor

BIAK NUMFOR–Desa Manswam, Kabupaten Biak Numfor, menjadi salah satu daerah di Provinsi Papua yang perempuan-perempuannya masih kurang aktif dan produktif secara ekonomi.

Aktifitas utama mama-mama Papua di desa tersebut kebanyakan adalah ibu rumah tangga. Sebagian kecil bekerja dengan waktu yang tak tentu seperti menjual buah pinang dan membuat cenderamata.

Untuk itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) merasa perlu mendorong pemberdayaan perempuan di Desa Manswam. Salah satunya dengan memberikan bantuan berupa mesin pengasapan ikan.

Baca Juga :  Ini Lho Maksud Kebijakan Gas dan Rem Selama Pandemi COVID-19 yang Diterapkan Pemkab Wonogiri Untuk Menumbuhkan Perekonomian Sekaligus Mengendalikan Penyebaran Virus Corona

“Ikan-ikan di Biak ini termasuk berkualitas bagus. Ibu-ibu harus melihat peluang ini dan menjadikannya sebagai pembuka pintu bagi kesejahteraan keluarga juga, dengan mengembangkan industri rumahan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dalam rilis kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (10/5/2018).

Hal ini pun disambut positif oleh ibu-ibu di Desa Manswam. Antusias mereka ditandai dengan besarnya keinginan untuk mengikuti pelatihan produksi ikan asap yang akan diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Biak Numfor dalam waktu dekat. Serta merencanakan pengkaderan, agar lebih banyak ibu-ibu terlibat dalam membangun industri rumahan yang baru pertama kali ada di desa mereka.

Baca Juga :  Cegah Penularan COVID-19 Puluhan Ribu APD Pilkada Wonogiri 2020 Didistribusikan, Ada Handsanitizer Masker Kantong Sampah Hingga Sprayer

“Selama ini, perempuan-perempuan di sini banyak yang menganggur meski tamat sekolah. Setidaknya bantuan ini membuka lapangan kerja baru bagi perempuan di desa kami,” ujar Meria Rangga salah satu anggota kelompok industri rumahan ikan asap. Aris Arianto