loading...

Pelaksanaan launching program SBMPTM yang berlangsung di Jakarta

JAKARTA-Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkan program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTM). Peluncuran ini dilaksanakan di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Menteng Raya, Jakarta, Minggu (27/5/2018) lalu.

Mengambil tema “Mengokohkan peran PTM dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkemajuan”, digelarnya SBMPTM ini dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang nantinya diharapkan akan menjadi syiar Muhammadiyah.

“Ini merupakan kegiatan perdana yang diikuti dua belas PTM, dikhususkan untuk fakultas kedokteran,” kata Gunawan Budianto, Ketua Penyelenggara SBMPTM 2018 dalam siaran pers yang diterima redaksi Joglosemarnews, Rabu (30/5/2018).

Gunawan mengatakan, SBMPTM kali ini memang baru dilakukan untuk Fakukltas Kedokteran namun kedepannya penyelenggaraan SBMPTM akan dikembangkan lagi agar bisa diikuti fakultas dan PTM lainnya.

“12 PTM yang akan mengikuti SBMPTM ini di antaranya Universitas Ahmad Dahlan,  Universitas Prof Dr. Hamka Jakarta, Universitas Muhammadiyah (UM) Yogyakarta, UM Makasar, UM Jakarta, UM Palembang, UM Purwokerto, UM Semarang, UM Surabaya, UM Sumatera Utara, UM Surakarta, dan UM Malang sebagai tempat seleksi, ” papar Rektor UMY ini.

Gunawan menjelaskan pendaftaran SBMPTM dilakukan secara online yang pendaftarannya nanti bisa dilakukan setelah peluncuran SBMPTM dan berakhir pada 19 Juli. “Selain itu, ujian serentak akan dilaksanakan pada 22 Juli 2018 dengan sistem ujian CBT. Kami sudah menyiapkan sekitar 1600 buah komputer untuk tes CBT nanti,” jelasnya.

Loading...

Gunawan juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Syariah Mandiri sebagai mitra yang memudahkan calon peserta SBMPTM melakukan pembayaran.

Sementara itu, Direktur Bank Syariah Mandiri Toni EB Subari mengatakan SBMPTM adalah sesuatu yang luar biasa karena SBMPTM berhasil diselenggarakan pertama kali oleh perguruan tinggi swasta Muhammadiyah.

“Bank Syariah Mandiri mengucapkan banyak terimakasih atas terjalinnya kerjasama untuk menyelenggarakan SBMPTM ini kemudian akan memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.(Triawati Purwanto).

Loading...