JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Prodi Akuntansi Unisri Hadirkan Dosen Tamu Praktisi BPR

Dok Suharno

SOLO – Dalam rangka membuka wacana dan  menambah pengetahuan mengenai pengelolaan lembaga keuangan, khususnya pengelolaan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Program Studi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, menghadirkan Komisaris PT BPR Artha Sari Sentosa, Tawangsari, Sukoharjo, Dra. Sih Yuanti, MM, sebagai dosen tamu, mata kuliah Akuntansi Perbankan, Rabu (30/5-2018).

Kuliah dosen tamu diselenggarakan di Ruang Seminar Unisri  lantai 3, diikuti 89 mahasiswa, dengan mengambil tema: Tantangan Pengelolaan BPR dalam Era Digital.

Dalam paparannya, Sih Yuanti, yang juga pengurus Pesakom, Soloraya ini, menjelaskan tantangan terbesar yang dihadapi lembaga keuangan adalah kemunculan Financial Technologi (Fintech) yang sangat mengancam lembaga keuangan, tidak terkecuali BPR.

Baca Juga :  Bawaslu Solo Minta Paslon Cawali Wawali Patuhi Aturan Pemasangan APK

” Usia fintech baru dua tahun, namun berdasar data per 31 Desember, telah mampu menyalurkan kredit Rp 2,9 triliun. Sedangkan BPR/BPRS yang jumlahnya 1.787 yang telah puluhan tahun berdiri, hanya mampu menyalurkan kredit Rp 45, 65 triliun ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yuanti  memprediksi Fintech bisa menjadi ancaman nyata, tidak hanya BPR namun juga lembaga keuangan yang lain. Karena fintech, sangat praktis dan cepat layanannya.

“Pengajuan maupun investasi dana bisa diproses dalam hitungan detik. Tidak ribet dan butuh waktu lama, hanya bermodalkan smart phone kita bisa memproses transaksi yang dikehendaki ” jelasnya.

Menghadapi era digital tersebut, pengelola BPR harus mengantisipasi sejak dini. Langkah yang harus diambil diantaranya, melakukan transformasi teknologi dengan menerapkan digital banking, aplikasi digital dan BPR-Link.

Baca Juga :  Webinar "Santri Sehat Indonesia Kuat, Jogo Santri di Masa Pandemi Covid-19": Paparan Virus Corona di Pesantren Seperti Fenomena Gunung Es

Di samping itu untuk melindungi lembaga keuangan formal yang sudah ada, pemerintah harus segera menyusun regulasi terkait dengan keberadaan fintech.

Dosen pengampu Akuntansi Perbankan pada akhir acara kuliah dosen tamu, mengucapkan terimakasih atas sharing ilmu dan pengalaman praktis mengelola BPR kepada Komisaris PT BPR Artha Sari Sentosa, Sih Yuanti.

Suharno, juga berharap kuliah tamu bisa menjadi pemicu dan pemacu motivasi para mahasiswa agar memiliki kesiapan ilmu dan mental memasuki era digital yang penuh tantangan dan ancaman. # Tribunnews