loading...


Gapura bernuansa piala dunia Russia 2018 menghiasi pintu masuk Kampung Piala Dunia di Gondang Baru, Gondang, Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Tak bisa dipungkiri, sepakbola memang menjadi olahraga terpopular sejagat. Tak heran,  acapkali event sepakbola bertaraf internasional digelar selalu menghadirkan euforia dari para penggila bola di seluruh penjuru bumi.

Salah satunya event sepakbola terakbar bertajuk Piala Dunia yang bakal dihelat bulan Juni 2018 ini. Meski bakal digelar di Rusia,  demam penyambutan pentas sepakbola terbesar yang mempertemukan 32 tim terbaik dari lima benua itu merambah hingga ke desa-desa.

Tak terkecuali di Sragen. Nun jauh di sudut timur Kabupaten Sragen,  tepatnya di Kampung Gondang Baru,  Desa Gondang,  Kecamatan Gondang, demam Piala Dunia itu diwujudkan dengan membuat kampung itu kini penuh dengan aura Piala Dunia.

Hampir semua sudut di kampung yang berada di jantung Gondang itu,  mendadak disulap menjadi penuh ornamen bernuansa Piala Dunia. Gapura,tugu,  pintu masuk,  hingga trotoar dan jalan di kampung itu penuh dengan warna-warni gambar dan ornamen bertemakan Piala Dunia.

Baca Juga :  Bawakan Lagu "Kehilangan", Duet Kapolsek Sragen dan Kades Tegalrejo Pukau Pengunjung Alun-Alun Sragen

Hiasan bola, gambar-gambar pemain bola tersohor dari berbagai negara, replika bendera 32 negara peserta hingga stadion mini dengan poster raksasa bergambar riuhnya penonton Piala Dunia, seolah menegaskan demam Piala Dunia di kampung tersebut.

Foto/Wardoyo

Menariknya, selain di jalanan dan stadion mini, hiasan bertema Piala Dunia juga mewarnai bangunan Omah Londo (Rumah Belanda) yang menjadi warisan sejarah dan heritage peninggalan Belanda yang ada di kampung itu.

“Ide awalnya dari Karang Taruna Bareng Serempak di Kampung Gondang Baru ini. Kebetulan ada momen Piala Dunia dan ada lomba Kampung Piala Dunia yang digelar Transmedia. Kita ingin berpartisipasi menyambut Piala Dunia sekaligus memperkenalkan keberadaan Omah Londo yang selama ini menjadi warisan sejarah di Gondang Baru ini,” ujar Ketua Penanggungjawab Kampung Piala Dunia Gondang Baru, Dedi Ahmad Subarjo, Sabtu (26/5/2018).

Baca Juga :  Catat, Besok Sejumlah Artis Papan Atas HRS Bakal Ramaikan Penutupan TMMD Reguler di Sukorejo Sragen. Ada Mancing Gratis Juga
Foto/Wardoyo

Ia menguraikan proses pengerjaan Kampung Piala Dunia itu dimulai 4 Mei 2018. Dana untuk memermak dan menghias diperoleh dari iuran dan sumbangan dari pihak ketiga,  termasuk istri Ketua DPRD Sragen,  Evi Yudamita Bambang Samekto yang juga ikut mendukung dan terlibat banyak dalam program itu.

Tak hanya semarak hiasan semata,  kehadiran stadion mini bertema Piala Dunia di Taman Gondang Baru itu juga akan digunakan untuk kegiatan. Diantaranya festival Musik Lesung, lomba jingle,  dan senam sehat.

Ornamen bernuansa Piala Dunia di Omah Londo Kampung Piala Dunia Gondang Baru. Foto/Wardoyo

Lebih lanjut,  ia sangat berharap gagasan membuat Kampung Piala Dunia Gondang Baru itu bisa meraih juara di ajang Lomba Kampung Piala Dunia. Namun jika ternyata gagal juara,  setidaknya karang taruna berharap bisa mengangkat dan mempromosikan keberadaan Omah Londo sebagai warisan wisata heritage ke mata nasional bahkan dunia.

Baca Juga :  Blusukan ke Petani Sumberlawang dan Tanon, Andi Ungkap Keresahan Maraknya Fenomena Sumur Sibel. Desak Pemerintah Buat Pembatasan 

“Mudah-mudahan bisa juara nasional sehingga bisa memberikan kebanggaan bagi karang taruna, maupun masyarakat Gondang dan Sragen pada umumnya. Sehingga potensi Gondang Baru dan Omah Londonya ini bisa lebih terangkat di tingkat nasional bahkan dunia, ” tukasnya.  Wardoyo

 

Loading...