JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Aktivitas Mudik di Bangladesh Ini Masih Lebih Parah Ketimbang Indonesia

Tribunnews

BANGLADESH – Aktivitas mudik lebaran di Indonesia tahun ini relatif lancar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, bila dibanding beberapa negara lain, kondisinya jauh lebih nyaman.  Ambil contoh Bangladesh, negara muslim di kawasan Asia Selatan, misalnya.

Kondisi aktivitas mudik di negara ini sungguh carut marut dan bikin geleng-geleng kepala. Pada Idul Fitri tahun 2018 ini, warga Bangladesh berbondong-bondong memenuhi stasiun bus jarak jauh, pelabuhan kapal feri dan stasiun kereta api, Kamis (14/6/2018).

Baca Juga :  Pecandu Narkoba Ini Sumbangkan Ginjalnya untuk Polisi yang Berkali-kali Menangkapnya

Xinhua melaporkan, puluhan ribu orang bergegas untuk pulang ke rumah sehingga dapat berkumpul dengan keluarga pada hari raya Idul Fitri. Budaya berkendara dan kepedulian terhadap keselamatan di sana masih jauh di bawah Indonesia.

Dari sejumlah foto yang diambil dari berbagai sumber, dapat terlihat warga memaksakan diri naik ke atas kereta api, dan bahkan duduk di depan lokomotif. Mereka mempertaruhkan nyawa demi bisa berkumpul dengan keluarga di hari yang fitri.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Sementara itu, ada pula warga yang mudik dengan menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil.  Jalan-jalan di Dhaka yang biasanya terlihat sibuk, pada Kamis (14/6/2018) terlihat sedikit lengang. Namun, jalan di sekitar pusat perbelanjaan dan terminal mengalami kemacetan.

Diperkirakan, sekitar sepertiga dari 20 penduduk di Dhaka meninggalkan rumahnya dua kali dalam setahun, yaitu pada Idul Fitri dan Idul Adha. 

www.tribunnews.com