JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Duka, Karikaturis GM Sudarta pencipta tokoh Oom Pasikom Meninggal Dunia

Kartunis GM Sudarta. Foto: Tempo.co
ย ย ย 
Kartunis GM Sudarta. Foto: Tempo.co

JAKARTA – Karikaturis Senior di Indonesia Gerardus Mayela Sudarta atau akrab disapa GM Sudarta, mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (30/6/2018), sekitar pukul 08.25. GM Sudarta meninggal di usia 72 tahun.

Kabar duka meninggalnya karikaturis pencipta tokoh Oom Pasikom ini dikabarkan harian Kompas melalui akun Twitter. “Telah meninggal dunia karikaturis Gerardus Mayela Sudarta (GM Sudarta), Sabtu (30/6/2018) pukul 08.25 WIB. GM Sudarta dikenal melalui karyanya, tokoh Oom Pasikom, yang menghiasi harian Kompas sejak tahun 1967, #RIP #OomPasikom.”

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

GM Sudarta adalah karikaturis keluaran Akademi Seni Rupa Indonesia Yogyakarta pada 1967. Ia telah berkali-kali memenangi Hadiah Jurnalistik Adinegoro sejak 1983.

Reputasi ini memikat sejumlah penerbitan Jepang untuk mempublikasikan karikatur dan kartunnya. GM Sudarta lantas diundang menjadi dosen di Cartoon Department Kyoto Seika University di Kyoto, Jepang.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Ribuan karikaturnya telah diseleksi dan dibukukan dalam Indonesia 1967-1980 (1981) dan Reformasi (2000). Sementara itu, Pasikom Oji-san (1985) adalah kumpulan kartun yang diterbitkan oleh Sinjuku Shobo Ltd, Jepang. Di tengah kesibukan berkarikatur, GM Sudarta juga melukis di kanvas dan membuat cerita pendek.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com