JOGLOSEMARNEWS.COM Piala Dunia 2018

Messi Akhirnya Cetak Gol, Argentina Pun Lolos Babak 16 Besar dengan Dramatis

Marcos Rojo usai mencetak gol untuk Argentina. Foto: fifa.com
Marcos Rojo usai mencetak gol untuk Argentina. Foto: fifa.com

JOGLOSEMARNEWS-Timnas Argentina akhirnya lolos ke fase gugur secara dramastis setelah meraih kemenangan 2-1 atas Nigeria dalam laga terakhir Grup D Piala Dunia 2018, di Stadion Krestovsky, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB.

Lionel Messi akhirnya bisa mencetak gol setelah tidak berkutik pada dua laga sebelumnya. Kapten Timnas Argentina ini mampu menceploskan bola ke gawang pada menit ke 14 membuka keunggulan.

 

Dihantui harus menang untuk bisa lolos babak 16 besar, Lionel Messi dkk langsung meninggikan tempo serangan sejak menit awal. Nigeria lebih banyak melakukan serangan balik.

Memasuki babak kedua, Nigeria mencoba berinisiatif membangun serangan untuk mengejar ketertinggalan. Usaha yang meraka lakukan tidak sia-sia terbukti berbuah manis dengan gol di menit 51.

Victor Moses yang menjadi algojo pinalti menjalankan tugasnya dengan baik. Hadiah pinalti diperoleh berawal dari kesalahan Javier Mascherano, dan wasit Mateu Lahoz menunjuk titik putih di kotak penalti Argentina.

Argentina baru mendapatkan kemenangan menjelang laga usai. Pada menit 86, suporter Argentina bersorak setelah Marcos Rojo mencetak gol. Bek Manchester United itu menyambut umpan dari Gabriel Mercado dengan melepaskan tembakan yang merobek gawang Nigeria.

Nigeria berusaha keras menyamakan kedudukan namun waktu yang tersisa tidak mencukupi untuk menambah gol. Kemenangan 2-1 untuk Argentina bertahan hingga laga usai.

Argentina melaju ke fase selanjutnya karena menempati urutan kedua dengan torehan empat poin. Adapun Nigeria harus mengubur mimpi ke 16 besar karena terpaut satu angka dari Tim Tango di urutan ketiga.

Kemenangan Argentina tak lepas dari perubahan taktik yang dilakukan para pemainnya. Mereka tidak terpaku kepada Messi untuk mencetak gol.

Marcos Rojo mengakui ada instruksi dari Lionel Messi agar semua pemain bisa melepaskan tendangan ke gawang untuk mencetak gol. Intsruksi itu disampaikan Messi kepada rekan-rekannya ketiga jeda babak pertama.

“Saat istirahat, Messi memotivasi agar semua pemain saat ini punya tugas untuk mencetak gol. Dimanapun kami mendapat kesempatan, kami harus menembak. Jadi ketika saya melihat bola menuju ke arah saya, saya langsung menendangnya dan itu masuk,” ujar Rojo seperti dikutip TyC Sports.

Argentina bisa lolos karena di pertandingan lainnya, Islandia mengalami kekalahan dari Kroasia 1-2. Islandia yang juga memiliki peluang untuk lolos babak 16 besar, harus takluk di tangan Luca Modric dkk. Jika menang, sebenarnya lebih berhak untuk lolos dibanding Argentina. (Marwantoro)