loading...


Sisa kobaran api dan asap menghiasi rumah Wagimin di Alas Kobong, Ngargotirto, Sumberlawang yang hangus dilalap si jago merah Jumat (13/7/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Musibah kebakaran hebat melanda Dukuh Alas Kobong, RT 16, Desa Ngargotirto, Sumberlawang, Jumat (13/7/2018) siang. Kobaran api melahap rumah rumah hingga membuat puluhan warga seisi desa panik dan berhamburan melakukan upaya pemadaman.

Beruntung,  tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun api melahap rumah milik Wagimin (54) warga RT 16, hingga ludes tak tersisa. Pemilik rumah, Wagimin dan cucunya berhasil selamat dari amukan si jago merah karena saat kejadian mereka sedang menunaikan ibadah salat Jumat.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi sekira pukul. 12.30 WIB. Api kali pertama diketahui dua orang tetangga korban, Warsito (43) dan Sutikin (48).

Baca Juga :  Terungkap, 147 Temuan Pengelolaan Anggaran di Sragen Tahun 2017 Berpotensi Rugikan Keuangan Negara

Saat keduanya hendak salat Jumatan melintasi depan rumah korban, keduanya dikejutkan dengan kepulan asap tebal dan kobaran api dari bagian depan rumah Wagimin.

Melihat hal itu,  keduanya langsung berteriak kobongan kobongan hingga mengundang warga laim berhamburan mendatangi lokasi. Dalam sekejap warga sudah berkumpul dan berjibaku membantu pemadaman dengan alat seadanya.

Namun sulitnya sumber air membuat upaya warga gagal memadamkan api. Konstruksi rumah yang terbuat dari kayu dan cuaca panas membuat kobaran makin tak terkendali.

Warga beramai-ramai memadamkan api. Foto/Wardoyo

Dalam kepanikan, warga berusaha mendobrak pintu yang terkunci untuk menyelamatkan bagian barang berharga dan ternak milik korban. Sebelum akhirnya api meluluhlantakkan rumah korban tanpa bisa lagi dicegah.

Baca Juga :  Misteri Aksi Bunuh Diri Siswa SMKN 1 Kedawung Sragen. Ternyata Sempat Ambil Beasiswa di Sekolah

Korban dan cucunya hanya bisa meratap saat melihat rumah tinggalnya hangus jadi abu. Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya sesaat setelah menerima laporan, tim Polsek Sumberlawang langsung menuju lokasi guna membantu pemadaman dan evakuasi. Setelah itu, tim melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

“Kerugian material diperkirakan sebesar Rp 35 juta. Dari hasil identifikasi dan olah TKP, diduga api berasal dari korsleting listrik di rumah korban, ” paparnya Jumat (13/7/2018).

Baca Juga :  Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sragen. Formasi Dokter Spesialis Hanya Didaftar 2 Orang, Formasi Disabilitas Melompong 

Dugaan korsleting juga diperkuat dari temuan kabel dan pipa besi untuk dag listrik yang ditemukan juga hangus. Kapolres memastikan kondisi pemilik rumah dalam keadaan sehat. Wardoyo

 

Loading...