JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ingat 3 Kunci Ini Untuk Dapatkan Tubuh Sehat dan Bugar

Senam,, salah satu jenis olahraga yang menyenangkan
Senam, salah satu jenis olahraga yang menyenangkan

WONOGIRI-Memiliki tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya pun sebenarnya cukup simpel, tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Kuncinya hanya pada menjaga pola makan, pola istirahat dan beraktifitas.

“Untuk pola makan, perbanyaklah makanan berserat seperti buah dan sayuran. Juga tetap menjaga asupan air putih minimal delapan gelas sehari. Kalau perlu dilebihkan,“ terang Henti Purwanti, salah satu pakar kebugaran di Wonogiri, Minggu (22/7/2018)

Warga Jalan Kepodang 5 Nomor 8 Lingkungan Sukorejo Kelurahan Giritirto Kecamatan Wonogiri ini menyarankan untuk mengkonsumsi air putih hangat. Jika bisa, menghindari air putih es yang justru akan mengikat dan mengendapkan lemak.

Baca Juga :  Luar Biasa Lur, DPMPTSP Wonogiri Sukses Raih Penghargaan Public Service of The Year 2020, Penyelenggaranya Markplus Bekerjasama Dengan Majalah Marketeers

Tips selanjutnya dari perempuan kelahiran 16 agustus 1960 ini adalah menjaga pola istirahat. Tidur harus berkualitas dan cukup, untuk orang dewasa delapan jam dalam satu hari satu malam. Jangan sampai berlebihan yang justru mengganggu proses metabolisme tubuh.

Tidak kalah penting dilakukan yakni mengatur pola aktifitas, termasuk di dalamnya berolahraga. Mengenai olahraga, pilihlah jenis yang menyenangkan meskipun ringan namun rutin. Tidak perlu melakukan olahraga berat, kecuali bagi mereka para atlit.

Baca Juga :  Balap Lari di Wonogiri Ternyata Tanpa Hadiah Maupun Taruhan, Diselenggarakan Ketika Lalu lintas Sepi dan Hanya Mengejar Sehat

“Olahraga ringan itu misalnya jogging, senam low impact, senam pernafasan, atau jalan sehat. Bisa pula bersepeda santai,“ tutur abdi negara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri ini.

Perempuan enerjik ini yakin, saat kita bisa menerapkan tiga pola itu, maka kita bakal tetap bugar dan bersemangat. Pola ini berlaku untuk semua usia dan kelamin. Aris Arianto