JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ingat, Jangan Parkir Motor Pakai Standar Samping. Ini Bahayanya

Parkir motor dengan standar tengah akan lebih aman.
Parkir motor dengan standar tengah akan lebih aman.

WONOGIRI-Memarkirkan sepeda motor dengan standar samping memang dirasa sangat praktis. Selain cepat, juga tidak perlu tenaga ekstra seperti saat menggunakan standar tengah.

Namun begitu, standar samping sebenarnya hanya untuk keperluan parkir sejenak. Jika motor diparkirkan dalam jangka waktu lama, harus menggunakan standar tengah.

“Standar tengah lebih aman, stabil,” ungkap salah satu mekanik, Aryadi, Minggu (15/7/2018).

Banyak efek buruk penggunaan standar samping dalam jangka panjang. Standar samping yang umumnya bertanya di sisi kiri motor, membuat suspensi di sebelah kiri menjadi lebih berat. Akibatnya skok lebih gampang aus karena terus-terusan condong ke satu sisi.

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Penggunaan standar samping juga membuat posisi motor menjadi tidak seimbang dan condong ke kiri. Dampaknya sisi sebelah kiri ban motor menjadi lebih cepat gundul dan dapat membuat tekanan angin di dalam ban semakin berkurang.

“Standar samping dapat membuat motor yang terparkir lebih mudah jatuh. Selain itu kadang ada kejadian sepeda motor saat mulai berjalan, standar samping lupa tidak dinaikkan, ini juga bahaya,” jelas dia.

Baca Juga :  Luar Biasa Lur, DPMPTSP Wonogiri Sukses Raih Penghargaan Public Service of The Year 2020, Penyelenggaranya Markplus Bekerjasama Dengan Majalah Marketeers

Terus-terusan membiarkan motor miring dengan penggunaan standar samping juga berpengaruh pada kestabilan. Hanya saja menurut dia, khusus kasus ini hanya berlaku pada motor berkubikasi atau ber-cc kecil.

Pasalnya motor berkubikasi besar atau motor gede (moge), memiliki standar samping sangat kuat dan tidak akan berpengaruh pada kestabilan motor. Aris Arianto