JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Inilah Dahsyatnya Jika Mentimun Dikombinasi dengan Buah Lainnya

pexels.com
pexels.com

Mentimun, yah sayuran yang tidak mengenal musim ini dengan mudah untuk didapatkan baik di supermarket ataupun pasar tradisional. Sayuran ini bisa diolah sebagai makanan atau minuman. Dan tentunya mengkonsumsi smoothie mentimun atau air mentimun dapat mengatasi perut kembung, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan juga efektif menurunkan berat badan.

Beragam manfaat yang dapat kita ambil dari air mentimun. Apalagi jika dikombinasi mentimun dengan buah lainnya. Berikut beberapa resep kombinasi mentimun yang dapat membantu menurunkan berat badan dan bagus buat yang sedang diet, dilansir dari laman Boldsky.

1. Semangka dan mentimun
Ingin minuman sehat yang dapat memberikan efek dingin dan menenangkan diri. Kombinasi mentimun dengan semangka sangat cocok.

Caranya, haluskan setengah buah mentimun dengan seperempat gelas potongan semangka. Tambahkan lada hitam dan perasan air lemon secukupnya hanya untuk penambah rasa.

Minum jus kombinasi semangka dan mentimun setelah makan siang atau makan malam. Semangka dan mentimun, keduanya mengandung kadar air yang tinggi. Hal ini dapat membantu untuk menjaga tubuh terhidrasi dan dingin.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Cerahkan Gigi Secara Alami di Rumah

2. Lemon dan mentimun
Minum jus mentimun saja bisa membosankan, tetapi jika ditambahkan dengan perasan air lemon rasanya cukup menyegarkan. Resepnya, setengah buah mentimun dan satu lemon besar.

Caranya masukkan irisan tipis mentimun dengan irisan lemon ke dalam botol, tambahkan air secukupnya dan simpan di dalam lemari es. Lebih nikmat disajikan dengan es dan sajikan dingin.

3. Kemangi dan mentimun
Kombinasi mentimun dan kemangi dapat membantu meningkatkan suasana hati. Larutkan gula dengan air panas, lalu tambahkan beberapa lembar daun kemangi dan irisan tipis dari setengah buah mentimun. Simpan di dalam lemari es selama satu jam, sajikan dengan es.

4. Mint dan mentimun
Mentimun mengandung sejumlah vitamin dan protein serta mint kaya antioksidan dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :  IDI Laporkan 115 Dokter Meninggal Akibat Pandemi Covid-19, Sebut Setara 300.000 Rakyat Indonesia Kehilangan Pelayanan Kesehatan

Cara membuat minuman sehat nan lezat ini haluskan satu buah mentimun dengan setengah sendok lada hitam, satu sendok madu, 8-10 lembar daun mint, dan garam secukupnya hingga halus. Ambil airnya saja dengan cara menyaringnya.

5. Jeruk bali dan mentimun
Jeruk bali mengandung antioksidan yang tinggi. Kombinasi jeruk bali dengan mentimun bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan memepercepat menurunkan berat badan.

Caranya, campur satu gelas air jeruk bali dengan irisan mentimun. Sajikan kombinasi jus ini dengan dengan soda atau air dingin. Tambahkan beberapa perasan air lemon, jika suka.

5. Jeruk dan mentimun
Campuran mentimun dengan jus jeruk bisa menjadi kombinasi yang hebat. Caranya, rebus dua buah jeruk, beberapa irisan mentimun, perasan air lemon dengan air secukupnya. Haluskan dengan bantuan garpu hingga seperti pasta. Tambahkan air lalu simpan di dalam lemari es selama beberapa jam. Sajikan dalam keadaan dingin. Tempo.co