JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Keren, Kodim Sragen Punya Stok Pangan Satu Hektar Padi. Hasil Sewa Sawah Petani,  Ditanam dan Dipanen Sendiri 

Dandim Sragen, Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo saat melakukan panen raya sawah 1 hektare demplot Kodim untuk stok pangan di Sambungmacan, Selasa (24/7/2018). Foto/Wardoyo
Dandim Sragen, Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo saat melakukan panen raya sawah 1 hektare demplot Kodim untuk stok pangan di Sambungmacan, Selasa (24/7/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Program ketahanan pangan yang menjadi prioritas bangsa ini, direspon sigap oleh Kodim Sragen. Dengan menggandeng mitra, Kodim Sragen membuat demplot seluas satu hektare untum stok ketahanan pangan.

Lewat kerjasama itu, Kodim yang dikomando Dandim 0725/Srg, Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo, menanami sendiri sawah seluas satu hektare di wilayah Desa Banaran, Sambungmacan.

Dan setelah tiga bulan, Selasa (24/7/2018) hasil jerih payah itu akhirnya bisa dipanen. Panen raya dipimpin langsung Dandim Sragen,  Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo, beserta Ketua Persit XLVI Ny. Dita Camas Prasetyo, didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, M. Djazairi dan Wiwit pemilik penggilingan Padi UD.Wiwit Putra.

Baca Juga :  Geger Mayat Pria Ditemukan Tergeletak di Persawahan Desa Jurangjero Karangmalang Sragen. Saat Ditemukan Dalam Kondisi Begini!

Dandim mengungkapkan sawah seluas satu hektar tersebut adalah milik petani Banaran, Hambali yang disewa oleh Kodim Sragen selama 1 kali masa tanam untuk demplot Kodim.

Jenis padi yang ditanam adalah jenis logawa karena jenis tanaman tersebut diyakini tahan hama. Lantas kualitas berasnya bagus serta cepat panen yakni kurang dari 3 bulan.

“Lahan itu kita tanami padi oleh Kodim Sragen pada 30 April 2018 lalu, dan saat ini dilaksanakan panen,” papar Dandim.

Dalam sambutanya sebelum memotong padi Dandim juga menyampaikan bahwa ketahanan pangan saat ini dan mendatang punya peranan sangat penting bagi pertumbuhan suatu negara. Terlebih Indonesia adalah salah satu produsen pangan dunia.

Baca Juga :  Tragis, Ditunggu-Tunggu Hingga Petang, Kartini dan Anaknya Histeris Lihat Suaminya Sudah Tewas Tergeletak di Sawah Jurangjero Karangmalang Sragen

Menurut Dandim, jika Indonesia bisa swasembada pangan dan tidak tergantung kepada negara lain maka Indonesia menjadi bangsa pemenang. Karena masa mendatang diprediksi akan terjadi krisis dan perang perebutan pangan.

“Hari ini kita panen dan hasilnya akan kita percayakan kepada Ibu Wiwit selaku rekanan kodim Sragen dalam mengolah hasil panen ini.  Hasilnya akan kita jadikan stok Kodim Sragen manakala dibutuhkan untuk kegiatan kegiatan sosial kodim,” tandas Dandim. Wardoyo