Beranda Edukasi Akademia Mahasiswa UMS Ciptakan Ramuan Merem, Obat Insomnia dari Ekstrak Daun Pandanwangi

Mahasiswa UMS Ciptakan Ramuan Merem, Obat Insomnia dari Ekstrak Daun Pandanwangi

91
BAGIKAN
Proses pembuatan ekstrak pandan wangi untuk atasi insomnia. Foto: dok

SUKOHARJO-Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Umum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menciptakan ramuan herbal untuk mengatasi kesulitan tidur. Ramuan yang diolah dari ekstrak daun pandan wangi tersebut merupakan hasil penelitian yang diajukan tim mahasiswa kepada Kemenristekdikti.

Para mahasiswa itu adalah Nita Tri Sulistiyati (Ketua Tim) dan dua anggota tim masing-masing Devara Dhea AP dan Rizki Luthfia Wardani. Mereka dibimbing oleh Riandini Aisyah, SSi, MSc. “Proposal penelitian yang kami ajukan diterima oleh Kemenristekdikti dan dinyatakan lolos seleksi pendanaan,” ungkap Nita Tria Sulistiyati, Selasa (10/7/2018).

Mereka mendapatkan ide untuk membuat ramuan anti insomnia tersebut berawal dari penelitian yang menyebutkan makin banyaknya orang yang mengalami kesulitan tidur.

Lalu ketemulah ekstrak daun pandan wangi yang dibuat seperti serbuk teh dan dapat dikonsumsi masyarakat secara praktis. Karena mirip serbuk teh maka ramuan produk ciptaan mahasiswa itu mereka namakan teh merem.

“Beberapa orang usia lanjut memiliki banyak keluhan sulit tidur atau penyakit yang bermunculan lain, yang kemudian diberikan terapi berbagai macam obat kimia. Hal ini bisa membahayakan pasien tersebut, karena efek samping yang ditimbulkan obat-obat tersebut dalam jangka waktu lama,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, peranan obat non-kimia penting untuk mengurangi pemakaian obat kimia pada manula. “Ekstrak daun pandan wangi mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tannin, polifenol, zat warna. Kandungan senyawa alkaloid memiliki pengaruh pada pusat pengaturan tidur di otak. Alkaloida menimbulkan efek sedatif hipnotik, yaitu efek yang menyebabkan tenang dan kantuk,” tambahnya.

Baca Juga :  Tiga Mahasiswa UNS Temukan Sintetis Penurun Cemaran Zat Warna Kimia

Mereka berharap ekstrak daun pandan wangi bisa sebagai alternatif obat dalam mengatasi masalah insomnia. “Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ekstrak Daun Pandan Wangi memiliki potensi untuk menjadi obat anti-insomnia,” ujarnya.

Ditambahkannya, orang yang mengalami kesulitan tidur semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Rata-rata setiap orang pernah mengalami kesulitan tidur sekali dalam hidupnya. “Hal ini membuat keprihatinan kami dari Fakultas Kedokteran Umum UMS. Sehingga mencari ramuan herbal yang bisa mengatasi hal itu,” ujarnya.(Tim Akademia UMS-Triawati P)