loading...


Ketua Ormas Poldes Masaran, Mulyono saat memberikan sambutan fi HUT ke-4 Poldes, Senin (2/7/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN-Kehadiran Organisasi Masyarakat (Ormas) Polisi Desa (Poldes) di Masaran, Sragen kian dirasakan kemanfaatannya. Memasuki tahun keempat, Ormas yang dipimpin Kadus Sepat, Mulyono itu makin mengukuhkan eksistensinya sebagai Ormas dengan misi sosial kemanusiaan.

Hal itu ditunjukkan dengan menggelar  aksi bakti sosial (Baksos) di peringatan HUT ke-4 Poldes yang digelar sejak Minggu (1/7/2018 hingga Senin (2/7/2018).

“Dari tadi malam sudah dimulai dengan tasyakuran mengumpulkan relawan dari berbagai organosasi se-Kabupaten Sragen. Tadi malam ada 18 organisasi relawan yang ikut memeriahkan tasyakuran. Hari ini tadi dilanjutkan bakti sosial khitanan massal dan donor darah, ” paparnya Senin (2/7/2018).

Kadus yang dikenal berjiwa sosial itu menguraikan agenda sunatan massal diikuti 44 anak dari keluarga tidak mampu di wilayah Masaran dan sekitarnya. Sedang donor darah diikuti sekitar 30an relawan dan masyarakat yang tergerak mendonorkan darahnya.

Baca Juga :  Awas, Operasi Jaran Polres Sragen Bakal Digeber Selama 20 Hari ke Depan. Sasar Kendaraan Bodong dan Begal Sadis

Tak hanya kegiatan sosial, puncak HUT juga akan diisi dengan pagelaran budaya pentas wayang kulit. Hal itu dilakukan untuk memberikan hiburan kepada relawan, masyarakat sekaligus nguri-uri budaya jawa.

“Harapannya di tahun keempat 2018 ini bisa lebih berkiprah lagi membantu masyarakat dan memberi kemanfaatan lebih untuk sesama,” jelasnya.

Sejak dirintis 2014 lalu, Ormas Poldes memang memprioritaskan kegiatan kemanusiaan dan sosial.  Hal itu diwujudkan dengan kegiatan patroli keliling kewilayahan setiap malam.

Donor darah HUT Poldes, Senin (2/7/2018). Foto/Wardoyo

Kemudian aktif di kegiatan tanggap bencana dengan mengirimkan relawan di setiap bencana baik di wilayah Sragen maupun di luar daerah.

“Kemarin bantu evakuasi bencana di Jatim, Tulungagung, lalu longsor di Brebes juga, ” tukasnya.

Baca Juga :  Masyaallah, 21 Pasangan Mesum Digerebek Saat Ngamar di Hotel PI Sragen. Ada 4  Siswa SMK Sewa Satu Kamar 

Ditambahkan,  sejauh ini anggota Poldes tercatat sebanyak 50 orang yang siaga dan aktif setiap saat. Kemudian ada simpatisan sdkitar 50an orang.

Puluhan relasan, TNI, Polri dan tokoh masyarakat berbaur do HUT Poldes

Selain di wilayah pusat yakni di Sepat Masaran, ormas Poldes juga sudah merintis cabang di Gondang dengan relawan sekitar 30 dan Plupuh sekitar 25 orang.

Plt Kades Sepat, Wigiyono yang hadir di peringatan HUT, menyampaikan kehadiran Poldes sejauh ini dinilai sangat penting bagi masyarakat terutama di wilayah Masaran. Menurutnya selama ini masyarakat sangat terbantu dengan kegiatan sosial dan kemanusiaan yang dijalankan Poldes Masaran.

Salam kompak Poldes Masaran

 

“Apalagi selama ini Poldes juga banyak membantu warga kurang mampu. Kami sangat merasa terbantu dengan kegiatan sosial kemanusiaan dan tanggap bencana. Keberadaan Poldes benar-benar sangat membantu pemerintah, ” tukasnya.

Baca Juga :  Belum Ada Sebulan, Proyek Jalan Sambirejo-Musuk Rp 4,7 M Dipenuhi Banyak Retakan. Warga Kecewa Pengerjaan Proyek Dinilai Asal-asalan 

Ia berharap ke depan, Poldes Masaran bisa terus meningkatkan kegiatan sosial dan kemanusiaan yang bermanfaat bagi masyarakat umum. Tak lupa ia berpesan agar semua relawan di Poldes tetap kompak dan terus eksis dalam membantu masyarakat. Wardoyo

 

Loading...