JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Pabrik Mebel di Gumpang Kartasura Ludes Terbakar

Asap mengepul dari pabrik yang terbakar. Foto : relawan
Asap mengepul dari pabrik yang terbakar. Foto : relawan

SUKOHARJO-Pabrik mebel PT Anjana di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura ludes terbakar, Senin (23/7/2018). Hingga kini total kerugian masih dalam perhitungan.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran diduga berasal dari sisa pembakaran sampah di belakang komplek pabrik. Warga sekitarlah yang mengetahui kali pertama kepulan asap. Saat itu para karyawan belum datang di pabrik.

Warga berupaya melakukan penyekatan api. Barang berharga milik warga dan perusahaan sekitar lokasi, diselamatkan. Sebagian melapor ke unit pemadam kebakaran.

Baca Juga :  Kasus Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Bertambah 11 Menjadi 589, Pasien Meninggal Tidak Bertambah

Kepala Unit Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono menerangkan, api berhasil padam setelah sejumlah unit mobil damkar dari Sukoharjo dan Solo dikerahkan. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Kepala Desa Gumpang, Dwi Haryanto menjelaskan kebakaran, menghanguskan seluruh isi bangunan pabrik. Banyak barang mudah terbakar dan angin yang kencang hingga api leluasa meludeskannya. Kerugian masih dihitung namun diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga :  Wajib Tahu Ini Ancaman Hukuman Pelaku Aksi Balap Lari Liar di Jalanan, Bisa Dipidana 18 Bulan Atau Denda 1,5 M

Sementara lalu lintas di Jalan Slamet Riyadi Kartasura, tepatnya di depan lokasi kebakaran sempat ditutup oleh petugas kepolisian. Hal ini sengaja dilakukan untuk memudahkan proses pemadaman.

Salah satu warga, Sutinah menyebutkan, sehari sebelumnya ada aktifitas pembakaran sampah di belakang pabrik. Aris Arianto