JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wouw, 4 Tahun Menteri  Susi Tenggelamkan 363 Kapal Asing

Tempo.co
Tribunnews

JAKARTA – Salah satu menteri di kabinet Jokowi yang cukup fenomenal adalah Susi Pudjiastuti. Selain penampilannya yang terkadang nyentrik, salah satu kebijakannya cukup fenomenal, yakni penenggelaman kapal asing pelaku illegal fishing.

Menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terus beraksi menenggalamkan kapal-kapal asing yang mengambil ikan di perairan Indonesia.

Terhitung selama empat tahun sejak didapuk menjadi menteri, Susi telah menenggelamkan lebih dari 300 kapal asing yang terindikasi melakukan illegal fishing.

Baca Juga :  Hasil Swab Test yang Dilakukan Badan Intelijen Negara Dikabarkan Tak Akurat, Ini Tanggapan BIN: Hasil Tes Swab Positif Jadi Negatif Bukan Hal Baru

“Illegal fishing masih jadi masalah yang perlu diselesaikan. Sampai saat ini sudah ada 363 kapal asing yang kami tenggelamkan,” kata Susi saat mendeklarasikan organisasi Pandu Laut Nusantara, di area car free day (CFD) Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Susi menambahkan, bahwa saat ini persoalan ilegal fishing masih menghantui sektor kelautan Indonesia.

Oleh karenanya, Susi meminta peran serta masyarakat untuk terus menjaga kelestarian laut Indonesia.

Di sisi lain, Susi juga menyayangkan masih banyaknya nelayan dalam negeri yang menggunakan peledak untuk mendapatkan ikan. Dia pun meminta para nelayan untuk berhenti melakukan hal tersebut.

Baca Juga :  Mahfud MD: Tantangan Menjaga Indonesia dari Radikalisme Makin Berat karena Tak Ada Kepastian Hukum Terhadap Pelaku Penyebar Paham Radikal

“Masih banyak itu nelayan pakai dinamit ambil ikan hias, kemudian lebih parah lagi pakai portas yang satu gramnya saja bisa merusak area laut seluas enam meter persegi. Ada juga nelayan bawa portas 10 literan yang bisa merusak 60.000 meter persegi. Kan gila itu. Ini enggak boleh,” kata Susi.

www.tribunnews.com