loading...
Loading...
Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyahari (tengah) seusai berlatih dan simulasi mematahkan 73 hebel (semacam bis beton). Foto: dok MP

SOLO-Sebanyak 17 pendekar Persatuan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS BETAKO) Merpati Putih (MP) siap all out dengan 45 kombinasi pematahan benda keras di acara Atraksi Spektakuler Semarak Serentak untuk Indonesia Jaya, di Gladak, Solo, Minggu (19/8/2018) besok.

Ketua panitia kegiatan, Haris Nugroho, mengatakan dalam sebulan terakhir ini para peserta atraksi telah berlatih secara intensif termasuk Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyahari yang akan mematahkan 73 hebel (sejenis bis beton).

Acara yang digelar untuk memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 sekaligus menyemarakkan dimulainya Asian Games itu menurut salah seorang Pengurus Pusat Merpati Putih, Yuwono Darpito Hudoyo, digelar serentak di delapan kota yaitu Solo, Surabaya, Bandung, Jakarta, Bogor, Banyumas, Mimika (Papua), dan Medan.

Abdul Kharis Almasyahari sendiri telah menyatakan kesiapannya beratraksi di depan Patung Slamet Riyadi, Gladak Solo, setelah beberapa kali melakukan latihan dan simulasi pematahan 73 hebel setinggi 7 meter.

Baca Juga :  Putrinya Lahir, Gibran : Wajahnya Agak Mirip Jan Ethes, Semoga Kelahiran Anak Kedua Saya Membuat Kota Solo Makin Adem

“Atraksi Spektakuler Semarak Serentak untuk Indonesia Jaya ini kami dedikasikan untuk Bangsa Indonesia yang sedang merayakan HUT ke-73 sekaligus menyambut kebahagiaan kami karenan untuk kali pertama cabang Pencak Silat dipertandingkan dalam multi even international Asian Games, semoga Indonesia semakin Jaya dan Bermartabat,” kata Kharis, Jumat (17/8/2018).

Yuwono Darpito Hudoyo berharap acara berlangsung sukses dan dia mengajak masyarakat untuk menyaksikan atraksi spektakuler ini. “Karena temanya ‘spektakuler’ maka atraksi ini benar-benar harus spektakuler. Jadi sudah all out berlatih, telah kami persiapkan secara matang. Semoga sukses dalam pelaksanaan,” kata Yuwono yang akrab disapa Suhu Totok ini.

Menurut dia, 17 pendekar yang akan melakukan atraksi secara bersamaan di delapan kota di Indonesia itu telah dipilih oleh masing-masing koordinator latihan di masing-masing Cabang PPS Betako Merpati Putih setiap kota, termasuk pendekar MP yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI Abdul Kharis. “Beliau ini alumni FE UNS dan dulu berlatih di kampus Mesen,” kata Suhu Totok.

Baca Juga :  Deklarasi Hak Anak, Puncak Peringatan Ditandai dengan Peresmian Monumen Konvensi Hak Anak

Karena variasi pemukulan benda keras yang dimiliki MP sangat beragam, nenurut Totok masing-masing kota akan menampilkan demonstrasi yang beragam pula. “Ada 45 jenis atraksi yang akan diperagakan para pendekar MP baik pria maupun wanita. Bisa pematahan balok es, pipa dragon, kikir besi dan lain-lain,” jelasnya.

Atraksi yang dimaksudkan untuk menyemarakkan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 itu juga bertujuan untuk kembali mengangkat marwah perguruan Merpati Putih setelah guru besar sekaligus pewaris PPS Betako MP, Purnomo dan sang adik Budi, wafat beberapa tahun silam. “Dengan atraksi ini Pengurus Pusat MP ingin kembali mengangkat pamor MP sekaligus mempersatukan kembali seluruh elemen MP di Indonesia,” kata Totok.(Syahirul)

Loading...