JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Awas, Jangan Biarkan Kerikil Tetap Terselipdi Ban Motor atau Mobil, Ini Akibatnya

   
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA –  Kelihatannya cuma sepele, kerikil kecil yang menyelip di sela-sela “batikan” ban motor atau mobil. Namun hati-hati lho ya, sebab  kalau kerikil semacam itu tidak dikeluarkan, suatu saat bisa mengakibatkan kebocoran.

General Manager Sales Planning PT Sumi Rubber Indonesia sebagai pemegang merek ban Dunlop di Indonesia, Hendra Himawan, mengatakan kerikil yang masuk ke celah ban harus segera dikeluarkan karena bisa menyebabkan kebocoran.

“Jika di telapak ban ada batu kecil yang menempel, itu harus dikeluarkan karena akan tertanam dan mengakibatkan kebocoran,” kata Hendra Himawan di Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, pada awalnya kerikil itu hanya terlihat menempel di celah ban. Namun seiring perputaran roda maka kerikil itu perlahan masuk kian dalam dan menancap pada ban. Kerikil yang menancap itu bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan obeng kecil.

Hendra juga mengatakan pemilik kendaraan perlu mengecek ban secara berkala, minimal sebulan satu kali. Adapun hal-hal mendasar yang harus diperiksa adalah ketebalan ban yang terlihat dari menipisnya kembang ban, tekanan angin, hingga adakah keretakan pada ban.

“Lakukan pengecekan ban secara rutin minimal sebulan sekali, itu idealnya,” katanya. “Cek kebersihannya, ada retak atau tidak, juga tekanan anginnya.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com