JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati: Kemandirian Energi Menjadi Fokus Utama Pertamina

tempo.co
   
tempo.co

JAKARTA– Setelah diangkat jadi Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan ada beberapa hal yang akan difokuskan selama menjabat. Dia mengatakan kemandirian energi merupakan fokus utamanya.

“Dari sisi hulu produksi harus naik, kilang kapasitas harus naik, hilir menyediakan energi untuk seluruh masyarakat dengan harga yang terjangkau dan mudah dijangkau aksesnya, tiga hal itu, jadi fokusnya,” jelas Nicke di Kantor Kementerian BUMN, Rabu, (29/8/2018).

Nicke menuturkan salah satu tantangan Pertamina, ialah mendukung ke arah kemandirian maritim nasional. Selain itu, investasi, pembangunan kilang, menekan impor, dan menjalankan kebijakan B20, juga menjadi pekerjaan rumah Pertamina, yang harus diselesaikan.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

Atas diangkatnya menjadi Dirut Pertamina, Nicke membantah adanya unsur politik dalam penganggkatannya sebagai orang nomor satu di Pertamina. “Rasanya saya tidak berpolitik ya,” ucap dia.

Nicke mengatakan, diangkatnya dia sebagai Direktur Pertamina merupakan amanat dari negara. Dia membantah adanya perbincangan politik sebelum dirinya dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Nicke, ketika dia memutuskan untuk bekerja di BUMN, maka dia harus menerima tugas negara, sebagai apapun dan di manapun. “Niat saya untuk nusa dan bangsa,” ujar dia.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara Fajar Harry Sampurno, menjamin pemilihan Nicke Widyawati sebagai Dirut Pertamina tidak ada unsur politik di dalamnya. “Kami memang empat bulan ini cukup untuk mengevaluasi dan ini kemudian akan disampaikan calonnya Juga kemudian pak presiden menetapkan,” tutur Fajar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com