JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mau Belajar Bikin Bakpia secara Gratis? Di Toko Bakpia Soemodigdo Jogja ini Lho Tempatnya

Pembuatan bakpia di salah satu pusat oleh-oleh di Yogyakarta. Foto: Yuliantoro
   
Yuliantoro

JOGJA – Pusat Oleh-oleh Bakpia Soemodigdo Yogyakarta membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk belajar membuat camilan bakpia. Bakpia merupakan salah satu oleh oleh khas Kota Yogyakarta sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat mencintai dan mengerti tentang kue camilan berbahan baku kacang hijau tersebut.

“Tak hanya wisata belanja dengan konsep open kitchen, di Pusat Oleh-oleh Bakpia Soemodigdo juga merupakan wisata edukasi. Kami terbuka untuk masyarakat umum yang ingin belajar bikin bakpia secara gratis. Inilah yang membedakan dengan pusat oleh oleh lainnya di Yogyakarta,” ujar Manager Pangelo Pusat Oleh Oleh Bakpia Soemodigdo, Ariyanto SE di sela mendampingi siswa siswa SMAN 1 Bantul mengikuti pelatihan membuat bakpia di Gerai Pusat Oleh Oleh Bakpia Soemodigdo, Jalan Ireda 5-7 (Utara Purawisata) Yogyakarta Kamis(9/8/2018)

Baca Juga :  Terlibat Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi
Yuliantoro

Sebanyak 40 siswa siswi dan puluhan guru SMAN 1 Bantul, Kamis (9/8/2018) mengikuti pelatihan gratis pembuatan bakpia. Pelatihan tersebut merupakan sarana memperkenalkan siswa kepada dunia kerja dan wirausaha. Sehingga diharapkan siswa siswi tidak hanya menguasai akademik juga memiliki bekal keterampilan. “Sekolah ingin membekali siswa dengan wawasan dunia kerja dan wirausaha,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Bantul, Dwi Subekti MPd saat mendampingin pelatihan bikin bakpia.

Ariyanto mengatakan, selama lima tahun eksistensi Pusat Oleh Oleh Soemodigdo sudah ribuan peserta pelatihan gratis pembuatan bakpia. Mereka berasal dari berbagai kelompok masyarakat mulai Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA, SMK, perguruan tinggi, calon pengusaha, anggota koperasi. Bahkan dari kelompok difabel atau kelompok berkebutuan khusus lainnya. “Kami didik, latih, bikin bakpia sampai bisa dan setelah itu silakan mengembang sendiri.”

Baca Juga :  Leptospirosis Tewaskan 1 Warga di Sleman, 8 Lainnya Terpapar

Masih menurut Ariyanto, wisata edukasi tersebut diajarkan mulai dari materi teori hingga praktik langsung membikin bakpia. Sehingga diharapkan peserta paham dan bisa praktik membuat bakpia sendiri nantinya. Dikatakannya pula, pusat oleh oleh Bakpia Soemodigdo sebagai lembaga bisnis memiliki tanggung jawab terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Jika bakpia terus dikenal dan dicintai masyarakat bahkan bisa tumbuh berkembang menjadi usaha, sebagai satu satu oleh oleh khas Jogja tetap menjadi icon. Sampai kapanpun bakpia tetap saja dibutuhkan dan disukai orang. Yuliantoro

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com