loading...
Loading...
Danramil Sumberlawang, Kapten CBA Suwanto saat menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Dukuh Kowang, Ngargotirto yang dilanda krisis air sejak empat bulan silam, Senin (6/8/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN-  Musim kemarau berkepanjangan yang melanda sejumlah wilayah, juga berdampak buruk terhadap kehidupan warga. Salah satunya di Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, utamanya di Dukuh Kowang.

Sejak kemarau melanda empat bulan silam, kini warga mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 4 bulan terakhir, mereka juga mengalami kekurangan air untuk irigasi lahan pertanian dan kebutuhan konsumsi air sehari-hari.

Kondisi itu pun memantik keprihatinan dari Koramil 17/Sumberlawang yang tergerak melihat penderitaan warga Dukuh Kowang RT 6 C.

Senin (6/8/2018) Tim Koramil Sumberlawang yang dipimpin oleh Danramil,  Kapten Cba Suwanto, langsung bergerak melakukan droping bantuan air bersih. Tak ayal, bantuan droping tersebut langsung diserbu warga yang sudah merasakan krisis air sejak empat bulan ini.

“Terus terang kami merasa prihatin dengan apa yang dirasakan warga di Dukuh Kowang, Ngargotirto, Sumberlawang ini. Makanya kami berinisiatif menggalang urunan di internal Koramil 17/Sumberlawang, dan hasilnya hari ini kita wujudkan untuk membeli air dan menbantu menyalurkan ke warga ini, ” paparnya mewakili Dandim 0725/Srg, Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo, di sela-sela droping, Senin (6/8/2018).

Baca Juga :  Jeritan Petani Sragen Didera Kelangkaan Pupuk. Gerilya ke Kios-Kios Tapi Kosong, Harga Non Subsidi Pun Mencekik 
Danramil Sumberlawang, Kapten Cba Suwanto saat menyalurkan bantuan droping di warga Dukuh Kowang, Ngargotirto, Sumberlawang, Senin (6/8/2018). Foto/Wardoyo

Ia mengatakan bantuan air bersih itu juga dilakukan sebagai bentuk respon kepedulian dari Koramil terhadap permasalaham warga di wilayah yang membutuhkan bantuan.

“Meski mungkin tidak seberapa, harapan kami mudah-mudahan bisa sedikit membantu meringankan beban warga yang kesulitan air bersih,” tandasnya.

Kapten Suwanto menambahkan tak hanya membantu droping, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar problem krisis air di Ngargotirto bisa mendapat bantuan air secara kontinyu sehingga kesulitan yang dihadapi warga bisa teratasi.

Ketua RT 6 C,  Dukuh Kowang, Purnomo menyambut positif kepedulian Koramil Sumberlawang yang membantu droping tersebut. Mewakili warga,  ia mengaku bersyukur atas bantuan droping dari Koramil lantaran saat ini warganya benar-benar dilanda kesulitan air bersih.

Baca Juga :  Detik-detik 10 Menit Nan Mencekam Angin Menyapu Donoyudan Kalijambe.  Puluhan Pohon Besar Tumbang, Puluhan Rumah Diterpa Kerusakan 

Menurutnya, krisis air memang sudah menjadi bencana tahunan di wilayahnya. Hampir di tiap musim kemarau,  sumur-sumur yang elama ini diandalkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih, sudah mengering.

“Bahkan saking sulitnya nyari air, warga yang biasanya sehari mandi tiga kali, sekarang hanya bisa mandi sekali. Karena ada yang lebih penting yaitu untuk memasak dan mencuci, ” tukasnya. Wardoyo

Loading...