JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Warga Jadi Saksi Kemeriahan Karnaval Budaya Desa Tegalrejo Sragen. Raihan 11 Penghargaan Dikirab Keliling Desa, Ada Pentas Reog Hingga Dangdutan

Kades Tegalrejo, Heru Setyawan saat dikirab dengan reog asli Tegalrejo dalam karnaval budaya HUT RI di Tegalrejo, Gondang, Sabtu (18/8/2018). Foto/Wardoyo

IMG 20180818 141752 640x615 517x496
Kades Tegalrejo, Heru Setyawan saat dikirab dengan reog asli Tegalrejo dalam karnaval budaya HUT RI di Tegalrejo, Gondang, Sabtu (18/8/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN-  Peringatan HUT Kemerdekaan RI 2018 diperingati secara semarak nan spektakuler di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang. Berbagai agenda digelar mulai dari karnaval budaya, pentas hiburan hingga kirab penghargaan, Sabtu (18/8/2018).

Ribuan warga dari berbagai dukuh, tumpah ruah memadati jalan-jalan di Tegalrejo sejak pagi hari. Rangkaian peringatan diawali dengan karnaval budaya yang digelar pukul 07.00 WIB.

Karnaval diikuti seluruh elemen setiap RT, lembaga desa mulai dari BPD, LP2MD, perangkat desa hingga dari  sekolah Paud dan SD yang ada di Tegalrejo.

Masing-masing tim menampilkan kreasi berbeda-beda dan menarik perhatian. Ada yang mengangkat tema perjuangan lengkap dengan kostum pejuang, tema profesi seperti petani, penjual jamu dan lain-lain.

IMG 20180818 WA0009 640x712 1
Peserta karnaval saat unjuk kebolehan Sabtu (18/8/2018). Foto/Wardoyo

Di bagian depan, tim dari desa menampilkan kirab dengan membawa 11 prestasi dan penghargaan yang diperoleh selama empat tahun perjalanan Desa Tegalrejo di bawah kepemimpinan Kades Heru Setyawan.

Baca Juga :  Perhatian, Kantor Uji KIR Kendaraan Sragen Tutup Pelayanan Sampai Tanggal 8 Desember. Satu THL Sempat Terpapar, Begini Penjelasan Kepala UPTD!

Beberapa prestasi yang dikirab mulai dari prestasil regional juara sepakbola kecamatan 2018, sampai prestasi kabupaten seperti lomba desa.

Kades Heru Setyawan menuturkan karnaval budaya itu memang baru kali pertama dalam sejarah perjalanan desa Tegalrejo. Tujuannya untuk membangun kekompakan dan kebersamaan semua warga mengingat hampir semua elemen turut berpartisipasi.

Kemudian kirab penghargaan digelar untuk menumbuhkan kecintaan warga terhadap desanya sehingga bisa memotivasi agar berlomba memberikan yang terbaik. Lantas meningkatkan nasionalisme serta nguri-uri budaya lewat penampilan seni reog asli Tegalrejo dan campursari HRS besutan sang Kades yang menjadi pengisi agenda di siang hari.

“Ini memang memadukan antara keinginan warga dan semua elemen. Karnaval ini memang baru pertama kali di Gondang, bahkan sejak Indonesia merdeka ya baru kali ini Tegalrejo ada karnaval budaya. Tujuannya utama untuk mengisi HUT RI 73. Kalau dulu cuma dangdutan, sekarang ada kirab budaya dan penghargaan,” papar Kades yang akrab disapa Wawan itu, Sabtu (18/8/2018).

Baca Juga :  Pecah Rekor Lagi, Berikut Daftar Lengkap 60 Warga Sragen Yang Terpapar Positif Hari Ini. Ada Enam Kecamatan Meledak!
IMG 20180818 WA0005 640x360
Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto saat hadir di karnaval kirab budaya Tegalrejo. Foto/Wardoyo

Selain karnaval dan reog dari grup Reog Singo Budoyo asli Tegalrejo, puncak peringatan akan ditutup dengan pentas wayang kulit semalam suntuk di bumi perkemahan Samdono Rejo Dukuh Tegalrejo malam ini.

“Kami berterimakasih kepada semua warga dan elemen di desa yang sudah  mendukung sehingga kegiatan berjakan lancar,” terang Kades.

Pembukaan karnaval budyaa juga dihadiri tokoh Muspika, dan Wakil Ketua DPRD Sragen asal Gondang, Bambang Widjo Purwanto yang didaulat memberi sambutan.

Politisi Golkar itu mengapresisasi animo masyarakat dan elemen yang kompak menggelar karnaval budaya. Mengingat tingginya animo nasyarakat, ia berharap agenda serupa bisa dijadwalkan setiap tahun. Wardoyo