loading...


pexels.com

Minum teh atau kopi tanpa gula tentunya hanya sedikit orang yang melalukannya, karena memang kurang nikmat atau pahit. Tetapi untuk penggunaan yang berlebihan gula dapat menyebabkan masalah tersendiri di kemudian hari.

Gula bisa dikatakan sebagai pembunuh senyap yang mengemuka akhir-akhir ini. Gula dapat menyebabkan penyakit diabetes yang belum ada obatnya dan dapat berimbas pada organ tubuh. Semua itu ditimbulkan dari fluktuasi kadar gula di dalam darah.

Kesadaran dan pola hidup sehat yang bisa membatasi risiko penyakit diabetes, dan pilihan itu ada di tangan Anda.

Memang sulit berhenti total mengkonsumsi gula namun alahkah baiknya mulai selektif menggunakan pemanis. Berikut ini sejumlah pemanis yang lebih sehat dari gula pasir.

1. Madu
Ini adalah zat pengganti terbaik untuk gula tebu. Selain menyuguhkan rasa manis alami, madu juga bersifat anti-bakteri. Perlu diingat bahwa madu mengandung kalori lebih tinggi dari gula tebu dan rasanya lebih manis, sehingga tak perlu terlalu banyak mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman.

Baca Juga :  Jika Tubuh Capai, Jangan Paksakan Berolah Raga, Ini Beberapa Risikonya

2. Jus buah
Buah lazim digunakan sebagai pengganti gula. Karena itu, jika Anda minum jus buah, tak perlu menggunakan gula tebu sebagai pemanis tambahan.

3. Gula tetes
Gula tetes memang bagian dari gula tebu. Namun selama ini keberadaannya diabaikan karena dianggap residu. Masyarakat lebih mengenal gula kristal yang tak sehat. Padahal gula tetes lebih bernutrisi karena mengandung kalsium dan zat besi. Rasanya pun lebih manis dari gula kristal.

4. Gula kelapa
Selain madu, gula kelapa juga dikenal sebagai alternatif terbaik pengganti gula tebu karena kadar glikemik yang rendah. Gula ini dapat dengan mudah digunakan untuk menjadi pengganti rasa manis dari gula tebu.

Baca Juga :  Masih Banyak Yang Percaya Biopsi Malah Bisa Perparah Tumor, Tapi Ini Kata Dokter

5. Xylitol
Xylitol bisa diperoleh dari buah dan sayuran yang memiliki serat, semisal bonggol jagung. Xylitol menjadi pengganti rasa manis yang sehat karena dapat mencegah perkembangan bakteri.

6. Kurma
Kurma memiliki rasa manis yang dapat menggantikan fungsi gula tebu. Selain memberikan rasa manis, buah kurma juga bisa menjadi sumber serat pangan yang baik untuk pencernaan. Kandungan glukosa di dalam sebutir kurma diperkirakan habis terserap dalam waktu 40-45 menit. Tempo ini lebih lambat ketimbang glukosa pada gula tebu yang habis terserap dalam 20-30 menit. Dengan begitu, cadangan glukosa yang berasal dari kurma akan bertahan lebih lama di dalam tubuh.

7. Sirup beras merah
Dibuat dari beras merah yang direbus, sirup ini mempunyai banyak manfaat dari beras merah yang sehat dan dapat digunakan sebagai pengganti gula. Sirup ini biasanya ditambahkan ke dalam kue atau salad.

Baca Juga :  Ini Daftar Kosmetik Ilegal dan Berbahaya. Beberapa Artis Di-endorse Merk-merk Produk Kosmetik Oplosan Tersebut

8. Stevia
Rasanya 300 kali lebih manis dari gula. Stevia adalah sebuah tanaman yang ditemukan di Amerika Selatan dan biasanya digunakan sebagai suplemen diet. Stevia tidak memiliki kalori ataupun meninggalkan dampak glikemik, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin menjaga berat badan.

www.tempo.co

Loading...