JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kerusuhan Pecah di LP Sragen, Belasan Napi Mengamuk dan Serang Napi Blok Lain. Suasana Mencekam, Satu Napi Jadi Korban 

Ilustrasi kerusuhan di Lapas
   
Ilustrasi kerusuhan di Lapas

 

SRAGEN- Kerusuhan pecah di Lembaga Pemasyarakataan (LP) Kelas II A Sragen,Kamis (4/10/2018) petang. Belasan narapidana mendadak mengamuk dan menyerang napi di blok lain.

Situasi Lapas sempat mencekam lantaran kerusuhan meluas dan kelompok napi mengeroyok salah satu napi hingga luka parah. Beruntung, kesigapan petugas LP berhasil meredakan situasi yang sempat mencekam tersebut.

Data yang dihimpun di lapangan, insiden kerusuhan terjadi sekira pukul 16.00 WIB. Kabar yang beredar, kerusuhan dipicu oleh rasa dendam kelompok napi terhadap satu orang napi kasus kriminal perampokan yang dituding menjadi biang terbongkarnya permainan napi lain di LP.

Napi berinisial S itu mendadak langsung diserbu dan dikeroyok belasan napi dari blok lain. Penyerangan terjadi sangat cepat ketika napi barusaja menerima ransum jatah makan.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

“Kejadiannya jam sore, ketika sebagian napi sudah selesai beraktivitas dan barusaja menerima jatah makan. Sel memang tidak dikunci, tiba-tiba saya dapat laporan dari petugas kalau ada beberapa napi yang menyerang seorang napi kasus perampokan. Petugas langsung bergerak melokalosir situasi dan meredakan kerusuhan. Satu napi yang dikeroyok mengalami luka dan langsung dilarikan ke RSUD Sragen yang ada di depan LP,” papar Kalapas Sragen, Yosef Benyamin Yembise, Jumat (5/10/2018) petang.

Yosef menuturkan saat kejadian, dirinya masih berada di kantor. Karena kejadian berlangsung cepat, begitu mendapat laporan ia langsung terjun bersama petugas untuk menetralisir situasi.

Baca Juga :  Pra Popda Karisidenan Surakarta Digelar di Sragen, Sembilan Cabang Olahraga Dipertandingkan

Saat ditanya apakah ada kerusakan lain di dalam LP, Kalapas memastikan tidak ada.

Perihal pemicu kerusuhan, ia menduga memang ada benang merah dengan upaya pembenahan dan pembersihan yang dilakukannya selama beberapa pekan terakhir sejak dirinya menjabat.

“Tapi yang terpenting saat ini situasi sudah kembali bisa terkendali. Kasusnya sudah kami serahkan ke Polres. Sementara masih dilakukan pendalaman,” terang Yosef.

Terpisah, Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman melalui Kasat Reskrim AKP Yuli Monasoni membenarkan insiden di LP Sragen tersebut. Namun berdasarkan hasil olah TKP, insiden yang terjadi adalah pengeroyokan seorang napi oleh beberapa napi lainnya.

“Ada satu napi yang menjadi korban. Saat ini sedang kami dalami,” terangnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com