loading...
Loading...
Ilustrasi kerusuhan di Lapas

 

SRAGEN- Kerusuhan pecah di Lembaga Pemasyarakataan (LP) Kelas II A Sragen,Kamis (4/10/2018) petang. Belasan narapidana mendadak mengamuk dan menyerang napi di blok lain.

Situasi Lapas sempat mencekam lantaran kerusuhan meluas dan kelompok napi mengeroyok salah satu napi hingga luka parah. Beruntung, kesigapan petugas LP berhasil meredakan situasi yang sempat mencekam tersebut.

Data yang dihimpun di lapangan, insiden kerusuhan terjadi sekira pukul 16.00 WIB. Kabar yang beredar, kerusuhan dipicu oleh rasa dendam kelompok napi terhadap satu orang napi kasus kriminal perampokan yang dituding menjadi biang terbongkarnya permainan napi lain di LP.

Baca Juga :  Limbah Makin Parah, Warga Tepi Bengawan Solo Mulai Terserang Gatal-Gatal. Air Sumur Puluhan Tahun Tercemar, Pemerintah Diminta Jangan Diam Saja!  

Napi berinisial S itu mendadak langsung diserbu dan dikeroyok belasan napi dari blok lain. Penyerangan terjadi sangat cepat ketika napi barusaja menerima ransum jatah makan.

“Kejadiannya jam sore, ketika sebagian napi sudah selesai beraktivitas dan barusaja menerima jatah makan. Sel memang tidak dikunci, tiba-tiba saya dapat laporan dari petugas kalau ada beberapa napi yang menyerang seorang napi kasus perampokan. Petugas langsung bergerak melokalosir situasi dan meredakan kerusuhan. Satu napi yang dikeroyok mengalami luka dan langsung dilarikan ke RSUD Sragen yang ada di depan LP,” papar Kalapas Sragen, Yosef Benyamin Yembise, Jumat (5/10/2018) petang.

Baca Juga :  Kisah Pilu 3 Rumah dan Harta Benda Ludes Dalam Sekejap, Wagiyem Langsung Syok Berat 

Yosef menuturkan saat kejadian, dirinya masih berada di kantor. Karena kejadian berlangsung cepat, begitu mendapat laporan ia langsung terjun bersama petugas untuk menetralisir situasi.

Saat ditanya apakah ada kerusakan lain di dalam LP, Kalapas memastikan tidak ada.

Perihal pemicu kerusuhan, ia menduga memang ada benang merah dengan upaya pembenahan dan pembersihan yang dilakukannya selama beberapa pekan terakhir sejak dirinya menjabat.

Baca Juga :  Spektakuler, 24 Dalang Kondang Sragen Tampil Nonstop 24 Jam Meriahkan Hari Wayang Sedunia. Ketua Pepadi Jateng Berharap Wayang Makin Dicintai Masyarakat

“Tapi yang terpenting saat ini situasi sudah kembali bisa terkendali. Kasusnya sudah kami serahkan ke Polres. Sementara masih dilakukan pendalaman,” terang Yosef.

Terpisah, Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman melalui Kasat Reskrim AKP Yuli Monasoni membenarkan insiden di LP Sragen tersebut. Namun berdasarkan hasil olah TKP, insiden yang terjadi adalah pengeroyokan seorang napi oleh beberapa napi lainnya.

“Ada satu napi yang menjadi korban. Saat ini sedang kami dalami,” terangnya. Wardoyo

Loading...