JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Membandingkan Anak Tak Mendorong Anak untuk Maju, Justru Sebaliknya, Bikin Anak Jadi Melempem

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
ilustrasi/tempo.co

Ada sebagian orang tua yang berpendapat, membandingkan anak dengan anak yang lain bisa memicu dan memacu semangat anak untuk maju.

Namun hati-hati, membanding-bandingkan anak termasuk dengan saudara kandungnya sendiri,  ternyata memiliki efek negatif bagi perkembangan psikologi anak sendiri.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, membandingkan anak dengan anak-anak lain dapat menghambat perkembangan mental dan mempengaruhi rasa percaya diri anak.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Minggu 12 Juli 2020: Sagitarius Siap Menghadapi Tantangan, Aquarius Saatnya Istirahat

Hal tersebut dapat saja berdampak panjang dan akan berpengaruh pada kehidupannya di masa mendatang.

Jika anak berbuat salah, penting bagi orang tua untuk memberi tahu mana yang benar dan salah. Penting juga untuk menunjukkan kesalahan mereka. Namun, tentu saja tidak dilakukan dengan cara membandingkan.

Jika Anda cenderung membandingkan anak dengan temannya, saudara kandungnya atau siapapun, hal tersebut akan menanamkan kecemburuan dalam dirinya. Kecemburuan dapat berubah menjadi kebencian dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak, Kamis 9 Juli 2020: Virgo Alami Titik Balik, Scorpio Hati-hati dengan Kata-kata

Tak hanya cemburu, kepercayaan diri anak juga menjadi turun. Hal ini juga dapat mempengaruhi hubungan orang tua dan anak. Percayalah, setiap anak istimewa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

www.tempo.co