Salut, Warga dan Takmir Masjid Satu Desa Ini Sumbangkan Rp 21 Juta Untuk Korban Gempa Palu-Donggala 

Penyerahan donasi untuk Gempa Palu-Donggala dari Kades Karang. Foto/Wardoyo

 

KARANGANYAR- Takmir Masjid serta warga se Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, memberikan  bantuan sebesar Rp 21.584.700 kepada korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggal dan Sigi, Selasa (15/10/2018). Bantuan masyarakat tersebut, diserahkan melalui Badan Amil Zakat Ifaq dan Shadaqoh (Bazis) Karanganyar untuk dilanjutkan kepada para korban.

Kepala Desa Karang, Dwi Purwoto, mengatakan, pengumpukan dana mulai dilakukan sejak tanggal 12 Oktober 2018 lalu. Pengumpulan dana, menurut Dwi Purwoto, dikoordinir melalui takmir masjid yang berada di Dusun  masing-masing.

Setelah dana terkumpul, langsung diserahkan ke pemerintah desa dan  dilanjutkan ke Bazis. Total dana yang terkumpul, lanjut Dwi Purwoto sebesar Rp 30.584.700. Sebanyak Rp 9 juta telah disalurkan melalui Pondok pesantren Isykarima Karangpandan.

“ Penggalangan dana ini merupakan bentuk keperdulian warga Desa Karang terhadap korban gempa dan tsunami yang berada di Palu, Siggi dan Donggala. Kami berharap, bantuan masyarakat ini, dapat bermanfaat bagi para korban,” kata Dwi Purwoto, Senin (15/10/2018).

Sementara itu, wakil ketua Baznas Karanganyar, Hafidzi, menjelaskan, Baznas  menerima penyaluran dana dari masyarakat untuk disalurkan kepada korban bencana alam yang terjadi di Palu dan sekitarnya. Dana yang terkumpul dari masyarakat ini, menurut Hafidzi, akan disalurkan langsung kepada para korban.

“ Kami hanya sebagai fasilitator. Jika memang ada warga masyarakat atau kelompok masyarakat yang akan memberikan bantuan, kami siap menerima. Dana tersebut, langsung kami serahkan kepada para korban,” kata dia. Wardoyo