JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Lakukan Kolaborasi Proyek Penelitian dengan Universiti Teknologi Petronas Malaysia

Wakil Rektor IV UMS saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan pimpinan UTP. Foto : dok
   
Wakil Rektor IV UMS saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan pimpinan UTP. Foto : dok

JAKARTA-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggandeng kerja sama di bidang riset dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP) dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka).

Kerjasama penelitian itu tertuang dalam penandatanganan MAR (Master Research Agreement) antara UTP, UHAMKA dan UMS) di Hotel Mulia Senayan City Jakarta, Selasa (23/10/2018). Hal itu sebagai realisasi dari MoU (Memorandum of Understanding) 28 Maret 2018 antara UTP Malaysia dan Majelis Diktilitbang (Pendidikan  Tinggi, Penelitian dan Pengembangan) PP Muhammadiyah yang mengoordinasikan 10 PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) untuk berkolaborasi dalam lima program.

“Kelima program tersebut adalah student mobility, research attachment, staff development, joint research and collaboration, visiting and adjunct lecturer and professor,” ungkap Wakil Rektor IV UMS, Dr M Abdul Fattah Santosa Mag dalam siaran persnya, Jumat (26/10/2018).

Ditambahkannya, kolaborasi penelitian antara UTP dan UMS bertema “Development of Low Carbon Technologies for Sustainable Built Environment” yang mencakup sembilan proyek penelitian.

“Yakni tiga proyek seputar Sustainable Built Environment dengan kata kuncinya plastic waste, tiga proyek seputar Sustainable Natural Resources dengan kata kuncinya live green wall, dan tiga proyek lainnya seputar Waste and Energy dengan kata kuncinya biogas production from organic waste,” ungkapnya.

Fattah berharap hasil penelitian kolaboratif ini memberikan kontribusi bagi solusi permasalahan kemanusiaan kontemporer, seperti kerusakan lingkungan, pemanasan bumi, dan energi alternatif.

“Penelitian kolaborasi UMS dan UTP ini memberi dan mendapatkan hibah riset internasional. Kolaborasi riset dengan tema “Development Low Carbon Technologist for Sustainable Build Environment” didistribusi tim UMS–UTP. Lalu program joint publication pada jurnal scopus Q2 dan prosiding scopus dengan target UMS mendapat 3 jurnal scopus Q2, 6 jurnal scopus, dan 6 prosiding scopus,” tambahnya.(Triawati Purwanto)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com