loading...
Loading...
Warga melintas di antara sampah yang berserakan di luar TPS Alas Kethu.

WONOGIRI-Pemandangan tidak mengenakkan ada di sekitar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Alas Kethu Wonogiri. Sampah aneka jenis meluber keluar wadah TPS dan masuk ke dalam area hutan.

Warga Selogiri, Sudarmo mengatakan, sampah sangat jelas terlihat karena lokasinya tepat di pinggir jalan Klampisan-Agraria atau jalan Salak V, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri kota. Sampah-sampah berserakan di hutan sekitar TPS.

“Dinas terkait harus segera mengambil langkah untuk membersihkannya. Sangat tidak elok, sekitar TPS justru banyak sampah berserakan,” kata dia, Kamis (8/11/2018).

Baca Juga :  Lowongan di Wonogiri. Bawaslu Buka Rekrutmen Panwascam Untuk 25 Kecamatan se-Kota Sukses. Simak Jadwalnya Kuy

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri, Toto Prasojo mengatakan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Sudah disediakan tempat sampah, namun membuangnya dari atas kendaraan sambil berlalu, hasilnya sampah justru berceceran.

Pihaknya sebenarnya sudah melakukan antisipasi dengan memasang jaring di sekitar TPS. Bahkan, tembok TPS juga sudah ditinggikan. Papan peringatan untuk meletakan sampah di dalam TPS pun juga sudah dipasang.

Baca Juga :  Jos, BUMDes Sendang Pinilih Wonogiri Terima Bantuan Puluhan Juta, Digunakan Untuk Pengembangan Olahraga Dirgantara

“Kami akan melakukan pembersihan di lokasi sekitar TPS Alas Kethu,” tandas dia.

Terkait sampah yang berserakan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupetan Wonogiri Adhi Dharma mengatakan bahwa warga sekitat TPS harus lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Jika tidak bisa ditangni sendiri bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa/ kelurahan. Aris Arianto

Loading...