JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sampah TPS Alas Kethu Meluber Keluar Hingga Ganggu Pandangan dan Kesehatan

Warga melintas di antara sampah yang berserakan di luar TPS Alas Kethu.

IMG 20181108 WA0048
Warga melintas di antara sampah yang berserakan di luar TPS Alas Kethu.

WONOGIRI-Pemandangan tidak mengenakkan ada di sekitar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Alas Kethu Wonogiri. Sampah aneka jenis meluber keluar wadah TPS dan masuk ke dalam area hutan.

Warga Selogiri, Sudarmo mengatakan, sampah sangat jelas terlihat karena lokasinya tepat di pinggir jalan Klampisan-Agraria atau jalan Salak V, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri kota. Sampah-sampah berserakan di hutan sekitar TPS.

“Dinas terkait harus segera mengambil langkah untuk membersihkannya. Sangat tidak elok, sekitar TPS justru banyak sampah berserakan,” kata dia, Kamis (8/11/2018).

Baca Juga :  Korban Dugaan Keracunan Takjil Bertambah 19 Orang Hingga Totalnya Ada 54 Warga di Dusun Kendal Desa Basuhan Kecamatan Eromoko Wonogiri

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri, Toto Prasojo mengatakan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Sudah disediakan tempat sampah, namun membuangnya dari atas kendaraan sambil berlalu, hasilnya sampah justru berceceran.

Pihaknya sebenarnya sudah melakukan antisipasi dengan memasang jaring di sekitar TPS. Bahkan, tembok TPS juga sudah ditinggikan. Papan peringatan untuk meletakan sampah di dalam TPS pun juga sudah dipasang.

Baca Juga :  Miris, Kisah TKI Atau PMI Asal Wonogiri Jarno Alias Tri Sujarno yang Mengalami Kebutaan dan Terlunta-lunta di Malaysia, Berkat Kolaborasi Birokrasi dan Legislatif Akhirnya Bisa Kembali ke Kampung Halaman

“Kami akan melakukan pembersihan di lokasi sekitar TPS Alas Kethu,” tandas dia.

Terkait sampah yang berserakan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupetan Wonogiri Adhi Dharma mengatakan bahwa warga sekitat TPS harus lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Jika tidak bisa ditangni sendiri bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa/ kelurahan. Aris Arianto