JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

2 Komisioner Tersingkir, 3 Wajah Baru Bakal Isi KPU Karanganyar

Desain surat suara Pileg untuk Pileg 2019 di Karanganyar. Foto/Wardoyo
Desain surat suara Pileg untuk Pileg 2019 di Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Dari empat Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, hanya dua komisioner yag lolos dalam seleksi penyelenggara pemilihan umum tersebut untuk periode 2018-2023.

Tiga komisioner dipastikan wajah baru lantaran dua komisioner tidak lolos seleksi. Dua yang gagal masing-masing, Nur Ikhsan dan Budi Sukramto.

Dua komisioner yang kembali terpilih itu yakni, Muhammad Maksum dan Triastuti Suryandari.

Sebelumnya, komposisi komisioner KPU Karanganyar  terdiri dari, Sri Handoko, Triastuti Suryandari, Muhammad Maksum, Budi Sukramto dan Nur Fatkurrohman.

Baca Juga :  Tak Hanya Manusia, Puluhan Kucing di Karanganyar Juga Dapat Subsidi Pengobatan dari Komunitas Rumah Difabel Meong. Ajak Hentikan Penembakan dan Penyiksaan Kucing!

Namun sebelum masa tugas berakhir pada bulan Desember 2018, Sri Handoko mengundurkan diri karena terpilih sebagai komisioner Bawaslu Karanganyar.

Sedangkan untuk komposisi hasil seleksi Komisioner KPU periode 2018-2013, terdiri dari Devid Wahyuningtyas, Muhammad Maksum, Suharjanto, Kustiyono dan Triastuti Suryandari. Lima komisioner baru ini, dilantik pada hari Senin (24/12/2018) di Jakarta.

Informasi yang dihimpun, Budi Sukramto mengikuti seleksi hingga tahapan uji kelayakan dan kepatutan, sedangkan Nur Fatkkurrohman, tidak lolos seleksi saat dilakukan test kesehatan.

Baca Juga :  Geger Rapid Tes Pengunjung Tawangmangu, Pemkab karanganyar Tegaskan Rapid Tes Dilakukan Tim Provinsi Bukan dari Satpol PP!

Budi Sukramto, salah satu komisioner yang dinyatakan tidak lolos seleksi melalui telepon selularnya mengungkapkan, saat mengikuti seleksi uji kelayakan, mengaku dapat menjawab seluruh pertanyaan tim penguji. Namun saat pengumuman, Budi Sukramto dinyatakan tidak lolos dan hanya menduduki ranking 6.

“Kewenangan sepenuhnya ada di KPU RI. KPU RI mempunyai hak prerogatif untuk menentukan komisioner terpilih berdasarkan hasil uji kepatutan dan kelayakan,” ujarnya melalui telepon selularnya, Minggu (23/12/2018). Wardoyo