JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bappeda Litbang Wonogiri Dorong Diseminasi Pintar bagi 60 Sekolah

Peserta rakor pendidikan untuk semua di Aula Bappeda Litbang Wonogiri, Jumat (21/12/2018)

IMG 20181222 WA0028
Rakor pendidikan untuk semua di Aula Bappeda Litbang Wonogiri, Jumat (21/12/2018)

WONOGIRI-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Wonogiri mendorong pihak sekolah menyebarluaskan program PINTAR Tanoto Foundation.

Hal itu menyusul komitmen pemerintah daerah untuk menyebarluaskan praktik yang baik dari program PINTAR.

“Pendidikan adalah urusan pemerintah, masyarakat, dan swasta. Tanoto Foundation telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Wonogiri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kompetensi PTK. Ini adalah contoh keterlibatan swasta dan kesempatan untuk kita semua memanfaatkan peluang ini,” kata Kabid Pemerintahan Sosial dan Budaya Bappeda dan Litbang Kabupaten Wonogiri, Baroto Eko Pujanto, di Aula Bappeda Litbang dalam acara Pertemuan Koordinasi Pendidikan untuk Semua program PINTAR Tanoto Foundation, Jumat (21/12/2018).

Dia menjelaskan, jumlah calon siswa di Wonogiri sekitar 75 ribu. Sedangkan jumlah SD ada 741. Jika dibagi rata maka rata-rata setiap SD akan mendapat 100 siswa. Namun karena beberapa SD di kota memiliki jumlah murid yang sangat banyak, bahkan ada yg 600 siswa, sebagian SD lain menjadi kekurangan siswa.

Baca Juga :  Sebenarnya Wonogiri Masuk Zona Apa Sekarang, Oranye atau Merah To? Kok Info dari Pusat Masuk Zona Merah

Persebaran jumlah siswa yang kurang merata di setiap sekolah tersebut membutuhkan banyak pendanaan bila ingin melakukan pelatihan dan pengembangan kualitas tenaga pendidik atau guru secara merata. Oleh karena itu, jelas dia, dibutuhkan dukungan dari pihak luar yang fokus dalam pengembangan kualitas pembelajaran dan pendidikan di sekolah.

“Karena itu, dalam kesempatan ini saya ingin mengajak sekolah-sekolah lain di luar sekolah binaan dari Tanoto Foundation di Wonogiri untuk menyebarluaskan. Caranya dengan banyak skema dan tentunya dengan berbagai kemudahan dari Pihak Tanoto Foundation,” tandas dia.

Koordinator PINTAR Tanoto Foundation Jawa Tengah Dr. Nurkolis, menjelaskan, program tersebut memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan pendidikan. Baik dari sisi pembelajaran aktif, manajemen kepemimpinan dan manajemen sekolah serta penguatan budaya baca.

Baca Juga :  Bupati Wonogiri Joko Sutopo Tolak 937 Usulan Proyek Musrenbang, Gegara Tidak Sesuai Visi Misi dan Mengedepankan Ego Wilayah

“Pendidikan yang berkualitas mempercepat kesetaraan peluang bagi semua orang untuk maju dan berkembang, Oleh karena itu, di Wonogiri kita akan mendukung pengembangan pendidikan dasar di mulai dari piloting di 29 sekolah, kemudian akan kita sebarkan ke banyak sekolah. Dukungan dari Pemda seperti dalam forum seperti ini sangat kita butuhkan untuk mempercepat penyebarluasan praktik-praktik yang baik dalam pendidikan,” jelas Nurkolis.

Doktor bidang manajemen tersebut juga menjelaskan bahwa skema percepatan penyebaran praktik yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya melalui APBD daerah, bisa sharing pendanaan maupun full secara mandiri. Di mulai dengan sistem kelompok kerja baik KKG maupun MGMP, sekolah atau madrasah, atau secara pribadi. Aris Arianto