JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

BNPB Duga Penyebab Tsunami di Banten dan Lampung Selatan karena Longsor Bawah Laut Akibat Erupsi Gunung Anak Krakatau

Masyarakat di sekitar Pantai Anyer dan Lampung Selatan dikagetkan dengan adanya air laut naik yang menerjang bangunan di sekitar pantai pada 22/12/2018 pukul 21.30 WIB. Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul BNPB: Tsunami Terjadi karena Longsor Bawah Laut Akibat Erupsi Gunung Anak Krakatau, http://jakarta.tribunnews.com/2018/12/23/bnpb-tsunami-terjadi-karena-longsor-bawah-laut-akibat-erupsi-gunung-anak-krakatau. Penulis: Nawir Arsyad Akbar Editor: Muhammad Zulfikar
   
Masyarakat di sekitar Pantai Anyer dan Lampung Selatan dikagetkan dengan adanya air laut naik yang menerjang bangunan di sekitar pantai pada 22/12/2018 pukul 21.30 WIB. Istimewa/Tribunjakarta

MATRAMAN – Tsunami yang terjadi di terjadi dan menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda, diantaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan Sabtu (22/12/2018) pukul 21.27 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tsunami terjadi akibat pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

“Tsunami bukan dipicu oleh gempa bumi. Tidak terdeteksi adanya aktivitas tektonik. Kemungkinan tsunami terjadi akibat longsor bawah laut karena pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau,” ujar Sutopo lewat keterangan resminya, Minggu (23/12/2018).

Baca Juga :  Baru Sehari Putusan MK Diumumkan, Ahmad Ali Datang Malam-malam ke Rumah Prabowo. Ada Apa? Katanya Tak Mewakili Nasdem dan Surya Paloh

Ia menjelaskan, pada saat bersamaan terjadi gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama. Jadi ada kombinasi antara fenomena alam yaitu tsunami dan gelombang pasang.

Dampak tsunami menyebabkan korban jiwa dan kerusakan, data sementara hingga 23/12/2018 pukul 04.30 WIB tercatat 20 orang meninggal dunia, 165 orang luka-luka, 2 orang hilang dan puluhan bangunan rusak.

Baca Juga :  Pakar Sebut MK Tak Akan Berani Diskualifikasi Gibran, Ini Sebabnya

“Masyarakat dihimbau tetap tenang. Jangan terpancing isu yang menyesatkan yang disebarkan oleh pihak yang tidak jelas,” ujar Sutopo.

“BNPB telah berada di lokasi bencana mendampingi BPBD. Bupati Pandeglang telah berkoordinasi dengan Kepala BNPB untuk penanganan darurat,” lanjutnya.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com