loading...
Loading...
ilustrasi/tempo.co

JAKARTA-Munculnya rencana reuni akbar 212 dari mantan kuasa hukum Rizieq Shihab, Kapitra Ampera sebagai tandingan dari reuni akbar massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 sempat membuat suasana menghangat.

Namun Polri yakin, keduanya akan berjalan damai. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Muhammad Iqbal mempersilakan dua kelompok menggelar Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, 2 Desember 2018.

“Ya kan sepanjang tidak ada potensi konflik. Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rencana pengamanan,” ujar Iqbal di Monas, Jumat (30/11/2018).

Iqbal menuturkan Polri juga sudah menyiapkan strategi agar massa dari dua kubu tidak tercampur. Salah satunya adalah dengan menyekat dua kubu. Namun, Iqbal tak menjelaskan secara detail strategi penyekatan tersebut.

Baca Juga :  Penyakit Jantung Kumat, Batik Air Terpaksa Mendarat Darurat di El Tari

Iqbal menyakini bahwa Reuni Akbar 212 berjalan damai. Senada dengan Iqbal, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menuturkan tak perlu ada yang dikhawatirkan dari kegiatan tersebut.

Menurutnya reuni itu hanya memerlukan pengamanan polisi dalam skala kecil.

“Kecil itu. Ditangani Polsek Gambir bisa,” ujar Dedi.

Meski begitu, Dedi tetap menyiagakan pasukannya untuk mengawal aksi guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Dapat Kucuran Rp 9,13 T dari Pemerintah, Ini Peruntukannya

Alumni 212 merupakan forum yang dibentuk untuk menampung orang-orang yang pernah terlibat dalam aksi Bela Islam pada Desember 2017. Kala itu mereka menuntut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk segera dipenjara. Ahok dituduh telah menistakan agama Islam melalui pidatonya di Kepulauan Seribu yang menyadur surah Al-Maidah ayat 51.

Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Ma’rif mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan menjelang Reuni Akbar 212 di Monas, seperti melakukan perizinan ke pihak Kepolisian ataunpun Pemerintah Provinisi DKI Jakarta.

www.tempo.co

Loading...