JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terungkap, Laptop Bantuan Untuk Ketua RT dan RW Dari Bupati Karanganyar Ternyata Hanya Pinjam Pakai 

Ilustrasi
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi laptop

KARANGANYAR-  Bupati Karanganyar, Juliyatmono tengah menanjakan para Ketua RT dan RW dengan memberikan mereka mendapat fasilitas laptop dari Pemkab Karanganyar. Namun pemberian Laptop itu bukan untuj properti pribadi namun diberikan dengan status pinjam pakai.

Laptop itu diberikan untuk keperluan update data kependudukan secara berkala dan berkesinambungan. Pemberian fasilitas laptop ini, untuk tahap pertama akan diberikan kepada para ketua RT dan RW di kecamatan Karanganyar Kota yang sekaligus dijadikan sebagai pilot project.

“Kita akan mulai dari kecamatan karanganyar kota. Saya akan melihat program ini berjalan apa tidak. Jika berjalan, maka akan kita lanjutkan ke kecamatan lain,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam pembekalan ketua RT RW, Rabu (05/12/2018).

Baca Juga :  Diduga Tersesat, Pendaki Muda Ditemukan Tewas di Gunung Lawu Karanganyar. Korban Ditemukan Tak Bernyawa di Jalur Pendakian Gegerboyo

Menurut bupati, Pemkab membutuhkan  data riil mengenai kondisi masyarakat. Sehingga perlu pembaruan data kependudukan terus menerus.

Jika ada perubahan, lanjut bupati segera diperbarui, mulai dari tingkat RT dan RW.  Dan itu terekam dalam satu file data di laptop yang kami dipinjamkan.

“Jika butuh data kependudukan, tinggal diakses. Akurasi data kependudukan sangat berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan dan keputusan,” jelas bupati.

Baca Juga :  Satu-Satunya di Karanganyar, SMA Ini Punya Kelas Unggulan 2 Tahun Lulus. Kasihan Murid Jenuh Kelamaan di Rumah, 432 Siswa Langsung Dimasukkan Untuk Ikuti Orientasi Sekolah

Sementara itu, Camat Karanganyar Agung Respati mengungkapkan, laptop untuk para ketua RT dan RW di wilayah Kecamatan Karanganyar Kota sudah siap didistribusikan.

“Laptop sudah ada dan  tinggal penyerahan secara simbolis oleh  Bupati kepada ketua RT dan RW,” katanya. Setelah penyerahan laptop ini, lanjutnya akan dilakukan sosialisasi penggunannya. Karena dalam  laptop tersebut ada aplikasi data kependudukan, yang dapat  diakses oleh  ketua RT dan RW jika  terjadi perubahan  atau  perbaruan data warga. Wardoyo