loading...
Loading...
Ilustrasi Ikan Koi mahal

JOGLOSEMARNEWS – Belum lama ini, publik negeri ini sedikit dihebohkan dengan seekor burung love bird bernilai Rp 2 miliar lebih. Namun, asal tahu, ternyata binatang berharga miliaran tak hanya milik burung saja.

Ya, baru-baru ini dunia binatang kesayangan sedikit terguncang dengan harga super yang melekat di seekor ikan koi. Bayangkan seekor ikan koi saja harganya bisa mencapai hampir Rp 26,6 miliar.

Ikan super mahal itu ada di Jepang dan bernama S-Legend. Seperti dikutip dari Siakap Keli, Kamis 27 Desember 2018, harga fantastis itu dimiliki oleh seekor ikan koi betina di Jepang ditaksir harganya mencapai 203 juta yen atau setara Rp 26,66 miliar. Bayangkan, jika dikomparasikan dengan harga mobil super mewah yang lagi ngetrend, Lamborghini Aventador, ikan koi itu bisa dapat 3 unit masih lebih.

Baca Juga :  Greenland Kehilangan 2 Miliar Ton Es

Sekadar informasi, harga Aventador di Indonesia dibanderol seharga Rp 6,4 miliar—Rp 8,7 miliar, berdasarkan Oto.com.

Sepintas, ikan koi super mahal itu memang terlihat biasa saja. Warnanya merah dan putih. Lantas apa yang menjadikannya mahal?

Ikan koi bernama S-Legend ini berasal dari varietas Kohaku, ikan koi yang berkualitas tinggi. Varietas ini diternakkan di kolam penangkaran yang selamat dari pengeboman Hiroshima, Jepang, pada Perang Dunia II silam.

Baca Juga :  Unik, Kapel Gereja Katolik Ini Dihiasi Ribuan  Tengkorak Asli

Ikan koi itu diklaim bisa bertelur sampai 500 ribu butir telur dan 5 ribu di antaranya berkualitas tinggi dan berpotensi bisa dijual lagi. Ikan S-Legend diprediksi bisa memenangkan pertandingan All Japan Koi Show dua tahun lagi.

Tahun lalu, ikan koi betina ini memenangi pertandingan bergengsi, All Japan Koi Show. Dia juga mempertahankan ikan termahal. Acara tersebut juga dihadiri oleh turis yang ingin menyaksikan sendiri ikan termahal di dunia.

Sebelumnya, ada juga ikan koi dari varietas Kohaku yang laku dengan harga senilai 2,08 juta ringgit (Rp7,26 miliar). Pembelinya adalah seorang wanita kaya-raya dari Taiwan. Wanita ini juga berhak untuk mengembangbiakkan ikan yang dibelinya.

Baca Juga :  Greenland Kehilangan 2 Miliar Ton Es

Tak hanya memegang ikan hidup termahal, Jepang juga memegang rekor penjualan ikan mati termahal di dunia. Ikan tuna biru seberat 222 kg dijual seharga 155 juta yen (Rp 20,37 miliar) melalui lelang. Penjualan ikan ini menjadikan ikan tuna biru seberat 2,22 kuintal ini sebagai ikan termahal di dunia.

Gimana, masih tercengang? (*/Wardoyo)

 

Loading...