JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Direktur IKP Kemenkominfo: BPJS Itu Gotong Royong Untuk Kesehatan Masyarakat!

Direktur IKP Kemenkominfo, Wiryanta (kiri) bersama Jubir Kepresidenan Johan Budi saat menyerahkan wayang ke dalang Ki Warseno Slenk penanda dimulainya sosialisasi program JKN melalui wayang kulit di Alun-alun Ngawi, Sabtu (19/1/2019) malam. Foto/Wardoyo
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Direktur IKP Kemenkominfo, Wiryanta (kiri) bersama Jubir Kepresidenan Johan Budi saat menyerahkan wayang ke dalang Ki Warseno Slenk penanda dimulainya sosialisasi program JKN melalui wayang kulit di Alun-alun Ngawi, Sabtu (19/1/2019) malam. Foto/Wardoyo

NGAWI- Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo, Wiryanta menegaskan bahwa program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui BPJS Kesehatan digagas untuk  membangun semangat gotong rotong kesehatan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara roadshow sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Alun-alun Kabupaten Ngawi, Jawa Timur Sabtu (19/1/2019) malam.

Sosialisasi yang diprakarsasi Kemenkominfo itu digelar melalui pertunjukan wayang kulit dengan tema Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Indonesia Sehat.

“Prinsip dasar JKN melalui BPJS Kesehatan itu adalah gotong royong untuk kesehatan masyarakat. Tentu saja harus diajak bersama-sama menjadi peserta BPJS aktif atau mandiri,” paparnya.

Baca Juga :  Terungkap Api Penyebab Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Berasal dari Rokok Tukang Bangunan, Delapan Orang Jadi Tersangka

Wiryanta menggambarkan prinsip gotong royong itu lantaran peserta tidak sakit, maka dananya bisa dimanfaatkan  oleh saudara sesama yang memerlukan pengobatan. Menurutnya, lewat program JKN dan BPJS Kesehatan itu, pemerintah ingin mendorong semangat  gotong royong masyarakat di bidang kesehatan.

“Karena kesehatan itu kebutuhan dasar manusia,” urainya.

Sementara, Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyebut sebuah kehormatan, daerahnya dijadikan tempat untuk sosialisasi program nasional oleh Kemenkominfo pusat. Ia memandang selain menghibur, sosialisasi lewat wayang kulit itu juga bisa menjadi sarana memberikan gambaran kepada masyarakat betapa hebatnya negara mengurus kesehatan rakyatnya.

Baca Juga :  Hasil Autopsi Jenazah Terpidana Mati Kasus Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan Dipastikan Bunuh Diri. Polisi Menduga karena Merasa Terdesak

“Betapa negara sangat memperhatikan sampai kesehatan saja diurus diperhatikan dan diayomi. Karena itu hak dasar bagi masyarakat,” katanya.

Ia meyakini masyarakat Ngawi sangat kompak. Ia berharap masyarakatnya bisa memanfaatkan betul keberadaan program JKN dan BPJS Kesehatan.

“Saya berharap tidak ada satu pun warga yang lolos dari fasilitas kesehatan yang diberikan pusat dan daerah,” pungkasnya. Wardoyo