JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dishub Solo Imbau Masyarakat Agar Gunakan Juga Jalur Penyeberangan Rel KA Selain Overpass Manahan

Istimewa

SOLO– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta menghimbau masyarakat Kota Solo dan pengguna jalan untuk tidak menjadikan overpass Manahan sebagai jalur favorit. Dalam hal ini, pengguna jalan sebaiknya juga menggunakan perlintasan KA Purwosari dan Pasar Nongko untuk alternatif perjalanan.

Kabis Lalu Lintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo mengungkapkan, himbauan tersebut dikeluarkan sehubungan dengan foto kondisi overpass Manahan yang terlihat crowded beberapa waktu lalu fan sempat viral di media sosial.

“Foto yang viral diambil di overpass Manahan Junat (21/12/2018) lalu dari CCTV Dishub Surakarta yang terpasang di atas overpass Manahan sekitar pukul 13 setelah sholat Jumat. Kondisi tersebut saat ada demo solidaritas muslim Uighur di depan Masjid Kottabarat (Jalan Moewardi) yang menutup jalan dan sampai macet arus lalu lintas ke selatan sudah tidak bisa bergerak lagi karena terhalang massa yang sangat banyak,” urainya, Senin (31/12/2018).

Baca Juga :  Komandan Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Setukba Angkatan ke-37

Ari.menambahkan, sedangkan saat itu arus lalu lintas dari arah selatan (naik Overpass Manahan) hanya terlihat satu sepeda motor melintas menunjukkan hampir tidak ada arus lalin dari selatan karena terhambat di masjid kotabarat.

“Dengan kemacetan dan terhenti cukup lama mobil tersebut tidak sabar bermaksud berputar semua untuk kembali ke jalan Adi sucipto. Kemudian saya dan petugas yang saat itu sosialisasi overpass langsung menutup akses dari barat dan utara karena sudah full kendaraan yang naik ke atas dan tidak bisa bergerak. Jadi foto ini hanyalah kondisi insidental karena kasuistik sesaat dan tidak bisa menjadi tolok ukur kegagalan overpass Manahan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Polisi Bekuk 4 Pelaku Penipuan Berkedok Lelang di Instagram, Kaesang Pangarep Nyaris Jadi Korban

Sejauh ini, Ari mengungkapkan bahwa kondisi lalu lintas di Overpass Manahan sangat lancar, terbukti di perlintasan KA Purwosari dan perlintasan KA pasar nongko arus lalin sudah sangat berkurang.

“Memang diakui perlu MRLL tambahan di kawasan terdampak/di bawah overpass Manahan yang sudah kita antisipasi. Namun kami himbau jangan menjadikan Overpass Manahan ini menjadi terfavorit. Gunakan juga perlintasan KA Purwosari dan pasar Nongko untuk perjalanan anda,” pungkasnya. Triawati PP