JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Dosen dan Mahasiswa UGM Ciptakan Becak Listrik untuk Para Tukang Becak

tribunnews

JOGJA– Mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik (FT) UGM Yogyakarta berhasil menciptakan becak listrik. Hasil karya tersebut dilaunching oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Jumat (18/1/2019) di Balairung UGM.

Peluncuran tersebut, sekaligus mengambil momentum peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-73. Sebanyak 15 becak listrik tersebut diserahkan kepada Paguyuban Becak Listrik (Belis) UGM.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, pengembangan becak listrik merupakan salah satu upaya untuk memuliakan para pengayuh becak.

“Manfaatnya paling penting itu yang mengoperasikan becak, jadi sudah tidak dikayuh lagi. Orangnya (pengayuh becak-red) sendiri jadi lebih manusiawi,” ujar Jonan.

Baca Juga :  Yogyakarta Punya 5 Rute Jalur Wisata Sepeda, Menyusuri Perkampungan, Rute Bisa Diakses di Aplikasi Jogja Smart Service

Adanya becak listrik ini kata Jonan juga untuk menekan polusi.

“Karenakan dicharge, memang listriknya dihasilkan sebagian dari pembangkit batu bara. Tapi tidak akan polusinya itu melebihi mesin-mesin kendaraan yang biasa digunakan,” lanjutnya.

Selain itu, becak listrik UGM ini juga lebih tenang, karena becak listrik tidak menimbulkan suara.

Jonan menambahkan, setelah memproduksi becak listrik, ia menganjurkan UGM untuk menjalin kerjasama dengan industri agar bisa memproduksi becak listrik lebih banyak.

“Saya yakin Pak Gubernur DIY dan Pak Gubernur lainnya akan membuat regulasi supaya becak listrik ini bisa berjalan. (Becak Listrik-red) bisa untuk pariwisata. Tidak menghapus lapangan kerja tapi lebih manusiawi,” kata dia.

Baca Juga :  47 Siswa Positif Covid-19, Begitu Sekolah Berasrama di Sleman Ini Dibuka

Jonan pun juga sempat menjajal langsung becak listrik UGM ini bersama dengan Rektor UGM Panut Mulyono.

Selain meluncurkan becak listrik UGM, Jonan juga memberikan kuliah yang mengangkat tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan”.

Bersamaan itu juga dilakukan penandatanganan MoU kerjasama oleh Rektor UGM, Panut Mulyono dan Kepada Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM, FX Sulijastoto untuk riset dan pengembangan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi.

www.tribunnews.com