JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Punya 7.000 Linmas, Satpol PP Sragen Pastikan Jumlah Linmas Untuk Pengamanan Pemilu 2019 Aman 

Kepala Dinas Satpol PP, Heru Martono saat menghadiri pemusnahan E-KTP rusak dan invalid di halaman kantor Dispendukcatpil Sragen, Kamis (10/1/2019). Foto/Wardoyo
   
Kepala Dinas Satpol PP Sragen, Heru Martono saat menghadiri pemusnahan E-KTP rusak dan invalid di halaman kantor Dispendukcatpil Sragen, Kamis (10/1/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen memastikan jumlah personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Sragen mencukupi untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Kepala Dinas Satpol PP Heru Martono mengatakan pihaknya sudah ditanya oleh pihak kepolisian, terkait jumlah Linmas yang akan bertugas di Pemilu 2019.

“Kami sudah memastikan jumlah personel Linmas mencukupi untuk bertugas di seluruh TPS pad Pemilu 2019 mendatang,” papar Heru Martono kepada wartawan kemarin.

Berdasarkan data, jumlah TPS Pemilu 2019 di Sragen adalah 3.360 TPS. Bila setiap TPS ada dua Linmas maka dibutuhkan 6.720 personel Linmas. Jumlah Linmas di Sragen sendiri sekitar 7.000 personel yang tersebar di 208 desa dan kelurahan di 20 kecamatan.

Baca Juga :  Pra Popda Karisidenan Surakarta Digelar di Sragen, Sembilan Cabang Olahraga Dipertandingkan

Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) itu menguraikan sebenarnya yang menjadi masalah bukan jumlahnya. Melainkan, jumlah Linmas di setiap desa berbeda-beda, sehingga nanti yang kekurangan akan dipenuhi dari desa terdekat yang jumlah mencukupi.

Dia mencontohkan di satu desa hanya ada lima personel Linmas padahal ada 10 TPS di desa itu, maka kekurangannya akan dicarikan dari desa terdekat.

Baca Juga :  Tanpa Restu Bapak, Untung Wina Sukowati Calon Bupati Sragen 2024 Nekat Maju Lewat Partai Demokrat: Ini Tekat Saya Sendiri

Heru mengungkapkan, terkait hal ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Sragen dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia berharap secepatnya ada pelatihan atau pembinaan teknis (bintek) terhadap Linmas yang akan bertugas di TPS. Apalagi pada Pemilu 2019 ada perbedaan dengan pemilu sebelumnya.

“Dalam bintek itu diharapkan ada simulasi sehingga memberikan pengetahuan dan juga pemahaman kepada para Linmas dalam menjalankan tugasnya, sehingga semuanya berjalan dengan aman dan lancar,” tandas Heru. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com