loading...
Loading...
Ilustrasi

Kebijakan penutupan sementara pemerintah (shutdown) sebagaimana yang dilakukan oleh Presiden AS Donald Trump memang bukan hal baru di negara Paman Sam tersebut.

Tercatat, 4 presiden sebelumnya pernah juga menerapkan kebijakan tersebut. Hanya saja, shutdown di era Trump ini terhintung yang paling lama, yakbi dari  22 Desember 2018 hingga 12 Januari 2019 telah memasuki hari ke-22.

Shutdown digunakan Trump untuk menekan anggota Kongres Amerika Serikat agar mau mengucurkan anggaran pembangunan tembok perbatasan Amerika Serikat – Meksiko bernilai triliunan rupiah.

Nah, siapa saja presiden AS yang pernah mengeluarkan kebijakan serupa daĺn bagaimana hasilnya, berikut rangkumannya:l

Baca Juga :  Emoh Dipermalukan dengan Tuduhan Kasus Korupsi,  Eks Presiden Peru Pilih Bunuh Diri

Presiden Jimmy Carter

Pada 1978, mantan Presiden Carter memveto sebuah anggaran pengeluaran bidang pertahanan yang dinilainya hanya buang-buang. Shutdown ketika itu hanya berlangsung selama 17 hari setelah anggota Kongres mengalah dengan menuruti keinginan Carter.

Presiden Ronald Reagan

Pada 1984, Presiden Reagen memberlakukan shutdown yang hanya berlangsung selama tiga hari. Kondisi itu terjadi saat anggota Kongres dari Partai Demokrat menginginkan sebuah undang-undang untuk mendanai beberapa projek waduk dan saat yang sama putusan Mahkamah Agung dinilai Reagen memperlemah hak-hak sipil untuk mengenyam pendidikan di tingkat universitas. Dua hal itu sangat ditentang oleh Reagen. Untuk mengakhiri shutdown, Partai Demokrat akhirnya melunak.

Baca Juga :  Merasa Dilecehkan Secara Seksual, Petarung MMA Wanita Ini Menghajar Seorang Pria

Presiden George H.W Bush

Pada 1990, Presiden Bush mendesak diberlakukannya shutdown jika tidak diterbitkan anggaran pengurangan defisit. Shutdown ketika itu berlangsung selama tiga hari sebelum akhirnya anggota Senat dan DPR Amerika Serikat meloloskan resolusi anggaran mencakup rencana pengurangan defisit.

Presiden Bill Clinton

Presiden Clinton melakukan shutdown selama 21 hari, yakni mulai 5 Desember 1995 sampai 6 Januari 1996. Ketika itu, Partai Republik ingin mengurangi defisit anggaran, sedangkan Clinton ingin lebih banyak memangkas anggaran jaring keamanan sosial dan kesehatan.

Baca Juga :  Rampok dan Perk0sa Nenek 76 Tahun, Remaja Ini Diganjar 8 Tahun

www.tempo.co

Loading...