JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Terbongkar Akun Facebook Wabup Bantul Gerilya Minta Transferan Jutaan Rupiah ke Warga dan PNS di Bantul 

Wabup Bantul. Foto/Teras.id
Wabup Bantul. Foto/Teras.id

JOGJA- Dunia media sosial di Jogja digegerkan dengan pengakuan salah satu teman Facebook Wabup Bantul, Abdul Halim Muslih, bernama Kholis Munandar.

Kholis mendadak kaget saat mendapat pesan inbox dari FB Wabup, Selasa 24 Desember 2018. Dalam pesan tersebut, ada permintaan tolong agar Kholis membantunya untuk mentransfer uang dan uang tersebut akan dikembalikan sore harinya.

Waktu itu, Kholis sudah mulai curiga lantaran Wabup Halim tidak pernah berkomunikasi melalui pesan facebook.

Baca Juga :  Tugu Pal Putih Yogya Kembali Dihantui 2 Sosok Pocong Gentayangan

Untuk memastikannya, dia menghubungi Wabup melalui pesan Whatsapp. Saat itulah baru diketahui, ternyata akun tersebut telah dibajak.

“Tidak pernah pakai messenger kok tiba-tiba minta tolong transfer uang, saya langsung WA,” ujarnya.

Dijelaskan Kholis, pelaku meminta transfer uang Rp 2,5 juta ke rekening Bank BNI 0714856507 atas nama Sri Wahyuni Permata. Percakapan terakhir dalam pesan itu, pelaku meminta agar Kholis memberi kabar dan mengirimkan bukti transfer.

Beruntung, dia segera mendapatkan informasi aksi peretasan akun FB tersebut, sehinga transfer urung dilakukan. Peristiwa yang sama juga dialami Staf Dinas Pariwisata Bantul, Rani Dwi Hapsari. Rani mendapatkan pesan, Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 13.00.

Baca Juga :  Pulang dari Banten dan Surabaya, 4 Warga Gunungkidul Positif Covid-19

Dalam pesan tersebut pelaku juga meminta agar Rani mentransfer uang dengan alasan untuk diberikan kepada salah satu teman Wabup dan akan diganti pada sore harinya.

“Saya langsung hubungi Bapak (Abdul Halim Muslih) baru tahu kalau dihack,” ujarnya.

www.teras.id