loading...
Loading...
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Palang Merah Indonesia (PMI) Solo mengerahkan 86 relawannya untuk turut mempersiapkan acara Tingalan Jumenengan ke-15 Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) XIII, yang akan digelar Senin (1/4/2019) mendatang. Namun jangan salah, persiapan yang dilakukan oara relawan PMI Solo adalah dengan bergotong-royong membersihkan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat (29/3/2019).
.
Acara bersih-bersih diawali dengan pertunjukan Tari Gugur Gunung. Dilanjutkan apel yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selanjutnya penyematan ikat kepala dan sapu oleh Gubernur kepada perwakilan peserta sebagai tanda simbolis memulai kegiatan bersih-bersih.

Menurut Kepala markas PMI Solo, Tri Wuryanto, PMI Solo membagi timnya menjadi sembilan kelompok yang bertugas di beberapa pojok keraton.

Baca Juga :  UNS Kini Punya Taman Literasi, yang Bosan Membaca Buku di Perpustakaan Bisa Beralih di Sini

“Hari ini dengan penuh semangat kami bersihkan keraton dengan sebersih mungkin. Sudah kami bagi menjadi 9 tim kecil diantaranya masing-masing tim 10 personil, ada yang bertugas menyapu, mengepel, mengumpulkan sampah, dan membersihkan rumput,” urainya.

Sementara itu, CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, menambahkan, tiim relawan yang diterjunkan PMI Solo diiantaranya dari SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat), Korps Sukarela, Mahasiswa AKBARA (Akademi Teknologi Bank Darah Surakarta), dan staff PMI Kota Surakarta.

“Peserta membersihkan talang-talang air pada bangunan Keraton, kamar mandi, ruangan nyonya, pendopo, taman, bangsal, dan beberapa ruangan lainya,” imbuhnya.

Di sisi lain, .Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan semangat gotong royong yang luar biasa ditunjukkan tidak hanya dari Keraton tapi juga dari Jawa Tengah dan dari Indonesia. Pemprov Jawa Tengah dan Pemkot Kota Solo mendukung penuh agar Keraton Solo menjadi sesuatu yang semuanya ikut bertanggung jawab di dalamnya.
.
“Kegiatan ini bagian dari upaya mewujudkan lingkungan kawasan Keraton Solo yang bersih. Kita harapkan kinclong setelah ini, dan kinclong nya itu tidak hanya lahir tapi batin juga,” tukasnya.  Triawati PP

Loading...