JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bupati Sragen Sesalkan Kalender Prabowo-Sandi Catut Logo Pemkab. Minta Bawaslu Usut Tuntas, Tegaskan Pemda Harus Netral! 

Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo
Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyayangkan beredarnya kalender Pasangan Calon Presiden Nomor 2 Prabowo-Sandi yang mencantumkan logo Pemkab Sragen. Selain menegaskan Pemkab tak pernah mencetak kalender seperti itu, Bupati juga meminta relawan yang mengedarkan kalender tersebut dapat menarik kembali.

Ia juga meminta Bawaslu Sragen segera menindaklanjuti laporan yang sudah dilayangkan Pemkab melalui Sekda Sragen sehari lalu.

Desakan itu disampaikan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada wartawan, Rabu (20/3/2019). Bupati menegaskan Pemkab tidak pernah mencetak APK atau memberikan izin pencetakan APK tersebut, karena pemerintah daerah harus netral.

Baca Juga :  Diduga Langgar Kode Etik, 5 Anggota Bawaslu Sragen Bakal Disidang DKPP Besok Pagi. Disebut Terkait Rekrutmen Panwascam!

Untuk menjaga kondusivitas Kabupaten Sragen jelang pemilu Bupati menegaskan bahwa Kalender tersebut harus ditarik dari peredaran.

Yuni juga meminta masyarakat yang telah menerima kalender yang terdapat logo Pemkab Sragen agar tidak dipasang di rumahnya. Bupati mengingatkan para politikus agar tidak mudah mencatut lembaga negara untuk menarik simpatik masyarakat dalam pemilu mendatang.

“Setelah ini memohon bawaslu menindaklanjuti laporan kami. Harapan kami kepada warga yang telah menerima kalender tersebut dan didistribusikan untuk dapat dilepas saja. Itu terdapat logo pemda, apabila APK tidak terdapat logo dipersilahkan. Tapi karena ada logo mengimbau yang mendistribusikan berhenti dan masyarakat yang menerima tidak memasang di rumah,” papar Bupati.

Baca Juga :  Kasat Lantas Sragen Resmi Berganti. Masih Muda AKP Ilham Dipesan Bisa Makin Tekan Angka Kecelakaan, AKP Sugiyanto Sukses Turunkan Peringkat Laka dari 2 Tertinggi di Jateng ke Posisi 13

Terpisah, Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budhi Prasetyo membenarkan sudah menerima laporan itu, dan langsung melakukan klarifikasi ke pelapor, saksi dan terlapor.

Ia mengatakan terlapor dalam kasus itu adalah tim pemenangan Prabowo-Sandi Sragen karena di dalam kalender itu mencantumkan gambar paslon Prabowo-Sandi.

Sementara itu hasil penelusuran wartawan kemarin ditemukan ribuan kalender mirip yang dilaporkan Pemda Sragen ke Bawaslu di Kantor DPD PKS Sragen. Namun ketua DPD PKS Idris Burhanudin mengaku tidak tahu siapa yang meletakkan kalender di kantornya. Wardoyo