JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Cara SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Ajak Siswa Sadar dan Peduli Lingkungan Sekitarnya Surakarta Ajak Siswa Sadar dan Peduli Lingkungan Sekitarnya

Istimewa
   
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Galakkan sekolah yang bersih, sehat, rapi, dan indah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta memilih gunungan dalam kesenian wayang plastik sebagai maskot pada Sosialisasi Program Adiwiyata di kelas setempat, Kamis (14/3/2019).

”Sosialisasi ini bertujuan agar terwujud generasi unggul dalam prestasi di landasi akhlaqul karimah, bersih sehat hijau dan lestari,” terang Agung Sudarwanto, salah satu guru seni kepada para peserta didik kelas 1 C dan 5 A.

Guru yang akrab disapa Ki Agung, Pria kelahiran Desa Kauman, Nganjuk Jawa Timur pada 4 Agustus 1979 ini menjelaskan, Filosofi Kayon ADIWIYATA mulai dari daun kanan dan kiri sama jumlahnya. 3 daun menjulur ke jantung kayon, melambangkan jumlah reka’at salat Maghrib, 4 daun menjulur ke atas, melambangkan reka’at salat Dhuhur, ‘Ashar dan Isyak. 2 daun atas daun melambangkan jumlah reka’at salat Subuh.

Semua daun bermuara pada satu titik “BUNGA”. Yang bermakna bahwa jika ingin mencapai tujuan haruslah disikapi pendekatan dengan Allah dan Alam beserta isinya.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

Varian hewan ada 5, terdiri dari Kera, Elang, Singa, Ikan dan Gajah. Kera, melambangkan suka bekerja sama, gotong royong. Elang, melambangkan ketepatan dalam menganalisis data dan permasalahan yang terjadi. Singa, melambangkan ketegasan dalam bersikap. Ikan, melambangkan keindahan dalam berkarya. Gajah, melambangkan cita-cita yang Agung.

“Bagian pusat Kayon merupakan ADIWIYATA, yang melatih kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Ikut mendukung dan rasa memiliki praktik sikap baik terhadap lingkungan sekitar dan alam pada umumnya,” kata Agung yang meraih gelar S-2 dari Program Studi Pengkajian Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Solo tahun 2009.

Sementara itu, Kepala SDM 1 Ketelan Surakarta Sri Sayekti melalui Wakasek bidang Humas Jatmiko menyatakan, pihak tamu ingin menimba ilmu sekolah Adiwiyata, karena Sekolahnya telah ditetapkan sebagai Adiwiyata dan Sekolah Rujukan serta dinobatkan The Most Favorite Elementary Islamic School In Quality Education Program of the year 2019 dari Indonesia Development Achievement Foundation (IDAF).

Baca Juga :  Caleg PDIP Yang Terancam Tidak Dilantik Di Solo Raya Buka Suara, Akan Bawa Ke Upaya Hukum Jika Tetap Tidak Dilantik

“Selamat datang, sekolah menginisiasi dan akan meluncurkan maskot Kayon Adiwiyata, Sabtu, 16 Maret 2019 bersamaan Studi Banding dari SD Islam Hidyatullah Semarang sebanyak 90 peserta. Besok Kamis hingga jum’at, 21-22 Maret 2019 terima kunjungan SD Muhammadiyah 1 Bontang Kalimantan Timur dan SD Nizamia Andalusia Jakarta, Kamis 4 April 2019 sebanyak 28 siswa dan 6 guru,” ujarnya.

Dia juga mengemukakan, program Adiwiyata meliputi program daur ulang sampah, bank sampah, tanaman obat dan keluarga (toga), taman kelas, hidroponik, komposting, biopori, pemanfaatan air wudhu, kantin sehat, laboratorium botani, duta adiwiyata dan publikasi.

“Program Adiwiyata ini dilaksanakan oleh warga sekolah bersama dengan orangtua siswa dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) di sekitar lingkungan sekolah,” tandasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com