JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mountainnering Vertical Rescue Hingga Survival, Ini Gemblengan yang Diterima Anggota Saka Wira Kartika Raden Mas Said Wonogiri

Krida mountainnering yang dilakukan anggota Pramuka Saka Wira Kartika di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.
   
Krida mountainnering yang dilakukan anggota Pramuka Saka Wira Kartika di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Guna meningkatkan wawasan serta ketrampilan bagi generasi muda, Kodim 0728/Wonogiri secara berkelanjutan memberikan pembinaan generasi muda melalui Pramuka Saka Wira Kartika Raden Mas Said.

Kegiatan uji krida Saka Wira Kartika berlokasi di komplek Desa Sendang Kecamatan Wonogiri.

Pinsaka Wira Kartika tingkat cabang Wonogiri Kak Serma Gatot Hariyanto, Minggu (17/3/2019) mengatakan
kegiatan diikuti 92 peserta putra putri. Mereka berasal dari seluruh pangkalan Saka Wira Kartika se-Kabupaten Wonogiri, paparnya

Memasuki hari kedua kegiatan yang diberikan meliputi Krida Navigasi Darat dengan materi kompas siang, menentukan kordinat dan kalan peta dan kompas. Selanjutnya Krida pionnering dengan materi lerkemahan, bekal air dan listrik dan menara dan jembatan improvisasi.

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Selain itu juga diberikan Krida Mountainnering meliputi rappeling, vertical rescue. Krida Survival dengan materi survival gunung hutan, pengenalan tumbuhan, jerat, sanjak dan survival kit,” jelas dia.

Kegiatan Uji Krida di bawah kendali langsung kordinator umum Pasiter Kodim 0728 Kapten Inf Agus Priyanto.
Mewakili Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh Kapten Inf Agus Priyanto mengungkapkan, memiliki karakter pemimpin ditambah ilmu wawasan kebangsaan dan bela negara, tidak akan lengkap jika melupakan salat, bagi muslim. Dia mengajak pramuka menjadi pelopor dan teladan di tengah masyarakat.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

“Jadilah pramuka yang berada di depan dalam profesimu, karena dengan itu secara langsung kita telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi pramuka,” pesannya.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Sementara matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com