JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Penyelesaian Jakur Ganda KA Yogyakarta-Ngawi Sisakan Jalur Jebres-Palur

Triawati
Triawati

SOLO, JOGLOSRMARNEWS.COM – Jalur ganda dari Stasiun Palur, Karanganyar hingga Stasiun Kedung Banteng, Ngawi telah beroperasi mulai Selasa (5/3/2019). Namun operasional jalir ganda oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut masih menyisakan pengerjaan proyek terutama di jalur Stasiun Jebres Solo hingga Stasiun Palur.

Seperti diketahui, jalur ganda dicita-citakan mampu menghubungkan Stasiun Yogyakarta hingga Ngawi di dalam wilayah Daops VI Yogyakarta. Dan sisa pengerjaan sepanjang 4,6 kilometer tersebut ditargetkan selesai Bulan April 2019.

“Kami menargetkan selesai pada April mendatang. Sehingga semua bisa tersambung dari Yogyakarta sampai Ngawi,” urai Direktur Prasarana Perkeretaapiaan Direktorat Jenderal Kereta Api, Zamrides usai peresmian Jalur Ganda di Stasiun Kemiri Selasa (5/3/2019).

Baca Juga :  Beredar Kabar Gerakan Hitamkan Solo,  Ketua PSHT Solo: Kami Imbau Sedulur Agar Tidak Turun ke Jalan dan Warga PSHT di luar Solo Tak Perlu Datang ke Solo

Zamrides menambahkan, PT KAI telah mulai pengerjaan jalur ganda dari stasiun Palur hingga stasiun Kedung Banteng ini sejak Mei 2017 lalu. Sehingga pengerjaan sudah berjalan selama tiga tahun dengan menelan anggaran Rp 1,3 triliun. Dengan dibukanya jalur ganda ini jarak tempuh dengan menggunakan kereta api dari Solo menuju ke Ngawi hanya 30 menit saja.

“Sebelumnya jarak tempuh antara dua kota tersebut 45 menit. Selanjutnya PT KAI juga akan menyelesaikan pengerjaan jalur ganda untuk Ngawi-Madiun, dan Madiun-Jombang. Kami berharap semua jalur tersebut dapat dioperasikan tahun ini. Selain itu pada hari ini juga kami mengoperasikan jalur ganda Purwokerto-Kroya secara penuh sepanjang 27 kilometer,” paparnya.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Milenial, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa Bakal Gelar Konser Virtual

Di sisi lain, Kepala Daop VI PT KAI, Eko Purwanto mengungkapkan, proses pengerjaan jalur ganda ini sudah berjalan sesuai dengan jadwal. Kereta pertama yang melintas menggunakan jalur ini yakni KA Sancaka yang merupakan relasi dari Yogyakarta hingga Surabaya.

”Harapannya semua pengerjaan bisa selesai sebelum lebaran. Saat ini kami juga menyelesaikan dari pengerjaan dari Kutoarjo hingga Kedung Banteng agar bisa tersambung semua. Supaya bisa memberikan dampak pelayanan yang baik terhadap pengguna transportasi kereta api,” pungkasnya. Triawati PP