JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Pilpres Terbaru Indo Barometer: Jokowi-Ma’ruf 50,2%, Prabowo-Sandi 28,9%

pilpres
Ilustrasi
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebulan menjelang pemilihan presiden 2019, lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres.

Dari survei yang dilakukan pada 6-12 Februari 2019 ini, elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin 50,2 persen. Sementara pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 28,9 persen.

“Dengan simulasi kertas suara jika seandainya pemilu dilaksanakan hari ini siapa yang dipilih, 50,2 persen memilih Jokowi-Ma’ruf dan 28,9 persen memilih Prabowo-Sandiaga,” ujar peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli dalam konferensi pers di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca Juga :  Pakar Sebut MK Tak Akan Berani Diskualifikasi Gibran, Ini Sebabnya

Sementara itu, persentase responden yang tidak memberi tanda dalam surat suara adalah 20,9 persen. Hadi mengatakan, survei itu menggunakan simulasi surat suara lengkap dengan foto pasangan calon. Selisih elektabilitas keduanya adalah 21,3 persen.

“Maka selisih elektabilitas 01 dan 02 hari ini di atas 20 persen,” kata Hadi.

Indo Barometer juga melakukan survei elektabilitas dengan menggunakan foto satu capres atau cawapres. Dalam survei simulasi surat suara bergambar Jokowi saja, elektabilitasnya sebesar 51,2 persen. Adapun, Prabowo dipilih 28,9 persen.  Sebanyak 19,9 persen responden merahasiakan pilihannya.

Baca Juga :  Sejak Pilpres 2004 Hingga 2024, MK Selalu Tolak Gugatan Pilpres, Prabowo Cetak ‘Hattrick’ Ditolak MK, Kini Kondisi Berbalik

Sementara itu, survei dengan simulasi surat suara bergambar cawapres, responden yang memilih Ma’ruf Amin 44,5 persen dan Sandiaga Uno sebesar 32,1 persen. Responden yang tidak menjawab sebesar 23,4 persen.

Survei ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan margin of error ssekitar 2,83 persen. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen. Adapun, metode penarikan survei menggunakan multistage random sampling. Pembiayaan survei ini oleh internal Indo Barometer.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com