loading...
Ilustrasi Pemilu

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM PDIP dipastikan masih menjadi jawara di Dapil Sragen 5 dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Sragen Tahun 2019. Mengoleksi perolehan suara tertinggi, PDIP hampir dipastikan mempertahankan dua kursi di Dapil yang meliputi Kecamatan Gondang, Sambungmacan, Sambirejo ini.

Dapil Sragen 5 menyediakan enam kursi. Berdasarkan data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM dari rekapitulasi internal parpol dan pleno PPK di kecamatan yang sudah selesai digelar di Dapil ini, PDIP memastikan raihan dua kursi.

Kursi pertama PDIP diraih untuk caleg petahana yang saat ini menjabat Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto. Namun untuk kursi kedua PDIP, terjadi perubahan.

Satu petahana PDIP, Suwoto, gagal melenggang setelah raihan suaranya kalah dari pendatang baru, Suyanto.

Baca Juga :  Kabar Duka Sragen, Satu PDP Corona Kembali Meninggal Dunia Hari Ini. Berasal dari Kedawung, Jadi Korban Meninggal ke-17

Kursi ketiga di Dapil ini diraih oleh Golkar lewat caleg petahana andalannya, Bambang Widjo Purwanto. Bambang memastikan satu kursi untuk Golkar di Dapil ini.

Golkar sebenarnya mengoleksi suara total sangat tinggi mencapai 18.290 suara dan hanya terpaut sedikit dengan PDIP. Namun sisa suara Golkar masih kalah tipis dari Gerindra yang meraih kursi terakhir Dapil ini.

Selain PDIP dan Golkar, PKB juga memastikan mengamankan satu kursi untuk caleg petahana, Bombong Lukito. Kursi kelima menjadi milik PKS yang mengamankan satu kursi untuk petahana mereka, Hartanto.

Satu kursi tersisa milik Gerindra lewat caleg petahananya, Joko Supriyanto. Sementara Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi yang mencoba peruntungan dengan bersaing di Dapil ini, terpaksa harus tersingkir setelah perolehan suara Demokrat gagal mengungguli Gerindra yang meraih kursi terakhir.

Baca Juga :  Terungkap, Peneror Petugas Medis di Sragen Yang Jemput Pasien Positif Covid-19, Mengatasnamakan Kelompok Salah Satu Klaster

“Pleno sudah selesai dan sebaran kursinya hampir tak berubah. PDIP dapat dua kursi, Golkar satu, PKB, PKS dan Gerindra masing-masing satu kursi,” papar Bambang Widjo Jumat (26/4/2019).

Meski demikian, sebaran kursi dan nama Caleg terpilih itu masih sebatas estimasi sementara. Kepastian akhirnya masih harus menunggu pleno resmi di KPU Sragen.

Ketua KPU Sragen, Minarso mengatakan pleno rekapitulasi penghitungan suara dijadwalkan digelar 29-30 April mendatang. Wardoyo