JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kuwalat di Areal Makam Ki Ageng Tarub. Seorang Pencuri Langsung Tertangkap Warga Usai Beraksi Curi Barang Juru Kunci 

Tersangka dan barang bukti saat diamankan di Polres. Foto/Humas Polda

IMG 20190410 041356
Tersangka dan barang bukti saat diamankan di Polres. Foto/Humas Polda

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seorang pria bernama Sutono (52), warga Kecamatan Klambu, dibekuk rame-rame oleh warga bersama anggota Polsek Tawangharjo, sekitar pukul 01.30 WIB dinihari tadi.

Pasalnya pria paruh baya itu tertangkap basah telah melakukan tindak pencurian sebuah HP di rumah Priyana (53), juru kunci makam Ki Ageng Tarub di Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo.

“Pelaku diamankan saat berjalan menuju arah Kecamatan Tawangharjo. Sebelum diamankan, pelaku memang terlihat mondar-mandir di sekitar makam sehingga sempat mengundang kecurigaan,” ungkap Kapolsek Tawangharjo AKP Sudarsono, Rabu (10/4/2019) dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Baca Juga :  871 Pasien Covid-19 Sembuh di Jateng Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Setelah diamankan, dari tangan pelaku didapatkan sejumlah barang bukti hasil kejahatan. Yakni, sebuah HP merek Xiaomi warna putih, satu bungkus rokok dan korek gas warna biru.

Dijelaskan, sebelum kejadian, korban diminta tolong tamu untuk mendampingi ziarah ke makam Ki Ageng Tarub. Kemudian, korban meninggalkan HP, rokok dan korek api di meja ruang tamu seperti yang biasa dilakukan.

Setelah selesai mengantar tamu, korban kemudian kembali ke dalam rumah. Saat itulah, korban mendapati barang-barang yang sebelumnya ada di meja, sudah tidak ada di tempatnya.

Baca Juga :  Tinjau Proses Vaksinasi Covid-19 di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Target 200 Orang Per Hari di RSUD dan 50 di Puskesmas Terpenuhi

Selanjutnya, korban menghubungi polisi dan meminta bantuan anak-anak muda yang masih ada di komplek makam untuk membantu mencari barangnya yang hilang. Beberapa warga, mencurigai seorang pria separuh baya sebagai pelakunya.

Sebab, saat korban mengantar tamunya berziarah, pria tersebut sempat mondar-mandir di sekitar makam yang berdekatan dengan rumah juru kunci itu. Akhirnya, warga berupaya mencari keberadaan pria tersebut hingga akhirnya ditemukan saat berjalan kaki di luar Desa Tarub menuju arah Tawangharjo. Wardoyo