loading...
Loading...
tribunsolo.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Penjaga palang perlintasan sebidang Purwosari, AS, kini telah berstatus sebagai tersangka. Dia dianggap lalai hingga menyebabkan KA Jayakarta tabrakan dengan lima kendaraan bermotor.

Peristiwa tabrakan terjadi pada 20 Mei 2019 lalu. Sejumlah saksi menyebut bahwa palang pintu dalam kondisi terbuka saat KA Jayakarta relasi Surabaya-Jakarta melintas di Purwosari.

“Setelah memeriksa penjaga dan beberapa saksi lain, kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Busroni saat ditemui di Mapolresta Surakarta, seperti dilansir Tribratanews Selasa (28/5/2019).

Kompol Busroni mengatakan AS juga mengakui telah lalai dalam bertugas. Pihak PT KAI pun kooperatif selama polisi melakukan penyelidikan.

Baca Juga :  Kenalkan Electrifying Lifestyle, PLN Ajak Siswa SMA Membatik Dengan Canting Listrik

“Sistem dari KAI sebenarnya sudah sangat profesional. Akan tetapi karena human error semua bisa terjadi,” ujar Busroni.

Saat itu peristiwa terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Menurut Busroni, jam-jam tersebut memang lalu lintas KA sedang padat.

Beruntung peristiwa tersebut tidak memakan korban nyawa. Enam orang korban hanya mengalami luka ringan dan kini telah sembuh.

Meski tersangka, AS tidak ditahan karena dinilai kooperatif.

“Sehari setelah kejadian, orang yang bersangkutan bahkan datang sendiri tanpa dipanggil dan mengakui kesalahan. Kemungkinan dia bisa dikenai pelanggaran UU Lalu Lintas, UU Perkeretaapian atau KUHP, masih kita dalami,” katanya. Tim JSnews

Baca Juga :  UNS Kini Punya Taman Literasi, yang Bosan Membaca Buku di Perpustakaan Bisa Beralih di Sini

 

Loading...