loading...
Loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para siswa siswa kelas 2 SDIT Nur Hidayah Surakarta mengikuti tes Penilaian Akhir Tahun (PAT), Kamis (16/5/2019) kemarin.

Tes tersebut merupakan tahapan hari yang keempat dilaksanakan di sekolah tersebut. Meski dalam keadaan tenang, namun terpancar semangat dari wajah anak-anak itu.

Aktivitas tersebut diawali dengan kegiatan majelis pagi yang terdiri dari doa dan murojaah surat dalam Al Qur’an. Setelah itu, dibacakan tata tertib selama tes sekaligus pemberian motivasi kepada siswa oleh pengawas tes.

Qomariyah, salah satu guru kelas 2 menyampaikan, bahwa dalam mengerjakan tes, anak harus mengutamakan kejujuran.

Mereka juga harus berupaya sungguh-sungguh untuk menyelesaikan soal-soal itu dengan baik. “Tujuannya agar tes tersebut bisa menjadi amal solih kita di hadapan Allah,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam melaksanakan tes tersebut anak ditekankan untuk mengiringinya dengan menjaga sholat lima waktu.

Baca Juga :  Pendaftaran SNMPTN 2020 Sudah Bisa Dilakukan Mulai Senin, 2 Desember

“Berdoa kepada Allah dan meminta doa restu orang tua sebelum berangkat sekolah,” ujarnya lebih lanjut.

Setelahnya, pengawas membagikan soal tes. Para siswa mengerjakan soal dengan penuh ketenangan dan semangat, meskipun mereka sedang menjalani puasa.

 

Nadhia Mukhbita Ramadhani (7), salah satu siswi kelas 2 menceritakan dengan wajah ceria.

“Aku biasa saja mengerjakan tes meskipun sedang puasa. Sama ketika tes di waktu bukan ramadhan. Malahan senang saat ramadhan karena doa orang puasa mudah dikabulkan oleh Allah. Semoga hasil PAT-ku bagus,” ujarnya.

Adapun Eni Hestuti selaku koordinator kelas 2 menyampaikan, PAT kali ini bersamaan para siswa menunaikan kewajiban berpuasa ramadhan.

“Justru karena itu kami selaku guru memotivasi para siswa untuk lebih bersyukur dan tetap semangat,” ujarnya.

Baca Juga :  Begini Kesiapan, SD Muhammadiyah 1 Solo Maju Lomba Sekolah Sehat Nasional

Bersyukur, menurut Eni,  karena bulan Ramadhan bulan penuh barokah dan doa biasanya dikabulkan. Sejarah Islam mengajarkan bahwa di bulan mulia itu pula banyak peristiwa bersejarah umat Islam tertoreh meraih kemenangan dalam perjuangannya.

“Jadi puasa bukan kendala untuk meraih hasil terbaik. Termasuk perjuangan meraih hasil terbaik di tes PAT ini,” ujarnya. A. Setiawan

Loading...